PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS HYBRID LEARNING UNTUK MENINGATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 6 AMBON

Authors

  • Prelly M. J Tuapattinaya FKIP Unpatti

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v6i2.171

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis hybrid learning, untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII Bilingual SMP Negeri 6 Ambon. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan tahapan four-D model. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Kemudian produk pengembangan divalidasi dan dilanjutkan dengan uji coba produk untuk mengetahui keefektifan produk yang telah dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yakni produk yang berupa perangkat pembelajaran berkualifikasi valid dan layak untuk digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Bilingual yang diajarkan menggunakan materi sistem peradaran darah manusia. Kata Kunci: Pengembangan Media, Hybrid Learning, Hasil Belajar

References

Daud, F. Dan A. Rahmadana. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis E-Learning pada Materi Ekskresi Kelas XI IPA 3 SMAN 4 Makasar. Jurnal Bionature. Volume 16 (1); 28-36.

Diki diki. 2013. Creativity for Learning Biology in Higher Education. Lux Journal. 3 (1);1-11.

Galvin, B. 2011. A Blended Learning Course Teaching Information Literacy For Substance Use Prevention Work. Journal of Information Literacy. 5 (1): 65-88.

Kekang, H. 2013. In The Hybrid Learning Basic Formed-Correctly Guiding Future Classroom Teaching’s Education Idea and teaching Concept. Workshop Proceedings in 6th International Conference on Hybrid Learning-ICHL. Halaman 61-72.

Kurniawati. 2011. Pengembangan Modul Pembelajaran Hybrid Learning pada Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas X dalam Materi Hidrokarbon. Bimafika, 3, 284-291.

Muslich, M. 2009. KTSP; Pembelajaran Berbasis Kompetesi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Pratiwi, E.H., H. Suwono, N. Handayani. 2012. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Hybrid Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Susilo, H. 2011. Blended Learning Untuk Menyiapkan Ssiwa Hidup Di Abad 21. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional 2011 Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning, Jurusan Biologi FMIPA UM, Malang, 13 November.

Suarsana dan Mahayukti. 2013. Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (2): 264-275.

Published

2017-12-27