PENGARUH NET PROFIT MARGIN, RETURN ON EQUITY DAN CURRENT RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Authors

  • Fatmah Watty Pelupessy Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/eksy.v3i02.3096

Abstract

ABSTRAK

Pengaruh Net Profit Margin, Return On Equiti, dan Current Ratio terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh NPM, ROE, dan CR   secara parsial terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah uji statistic dengan metode regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Dalam penelitian yang dilakukan, pengaruh NPM, ROE, dan CR berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Naik turunnya NPM, ROE, dan CR dapat mempengaruhi naik turunnya harga saham. Hasil analisis pengujian regresi variabel NPM dan ROE secara parsial berpengaruh positif terhadap harga saham, sedangkan variabel CR berpengaruh negatif terhadap harga saham. Dari penelitian ini di peroleh nilai R2 sebesar 0,537 menunjukkan bahwa adanya perubahan sebesar 53,7% yang terjadi disebabkan oleh variabel independen (NPM, ROE, dan CR) secara simultan akan berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan sisanya yang lebih besar yaitu 46,3% diterangkan oleh variabel lain yang tidak di masukkan dalam model persamaan regresi pada penelitian ini.

 

Kata Kunci: Net Profit Margin, Return On Equity, Current Ratio, dan Harga Saham

 

 

ABSTRACT

 

Effect Net Profit Margin, Return on Equity, and Current Ratio to the stock price at a manufacturing company in Indonesia stock exchange. The purpose of scientific writing is to determine the effect of NPM, ROE, and CR  partially on stock prices on companies listed in Indonesia Stock Exchange. The analysis technique used is a statistical test with multiple regression analysis and hypothesis testing using the F test and t test. In a study conducted, the influence of NPM, ROE, and CR significant effect on stock prices .Rise and fall of NPM, ROE, and CR can affect the rise and fall of stock prices. Results of regression analyzes testing NPM and ROE partially positive effect on stock prices, while the CR variables negatively affect the stock price. From this research, the R2 value of 0.537 indicates that the change of 53.7%, which is caused by the independent variable (NPM, ROE, and CR) together will affect the stock price. While the rest of the larger, ie 46.3% isexplained by other variables that are not entered in the regression model in this study.

 

Keyword: Net Profit Margin, Return On Equity, Current Ratio, dan Stock Price.

References

Agus, Sartono. 2008. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi Empat. Yogyakarta: BPFE

Agnes, Sawir. 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan.

Ali, Arifin. 2001. Membaca Saham. Jakarta: PT Raja gramedia.

Andi. Munawir. 2005. Analisis Laporan Keuangan, Edisi ke 4, Liberty, Yogyakarta.

Ang, Robert (1997), Buku Pintar Pasar Modal Indonesia, Jakarta, Media soft Indonesia.

Anoraga, Pandji dan Piji Pakarti. 2008. Pengantar Pasar Modal. Jakarta: Rineka Cipta.

Anoraga, Pandji dan Piji Pakarti. 2008. Pengantar Pasar Modal. Jakarta: Rineka Cipta.

Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id)

Darmadji, Tjiptono dan Hendi M. Fakhruddin. 2006. Pasar Modal Di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptono dan Hendi M. Fakhruddin. 2006. Pasar Modal Di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Darsono, Ashari. 2005. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Grafindo Persada.

Darsono, Ashari. 2005. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan.Yogyakarta: Andi.

Dharma astuti dan Patriawan, 2004. (Analisis Faktor Fundamental dan Risiko Sitematik terhadap Harga Saham Perusahaan Properti di BEJ) Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 5, No. 2.

Ghozali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 20”. Cetakan VI. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2011.

Ghozali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 17”. Cetakan VI. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2006.

Hadad, etal. 2003. Analisis Efisiensi Industri Perbankan Indonesia.

Husnan, Suad. 1998. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Pendek). Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Husnan. Suad. 2004. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Pendek). Edisi Ke empat.

Hutami dan Putri Rescyana, 2012. “Analisis factor – factor yang mempengaruhi harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI).

Kasmir. 2008. Manajemen Perbankan. Edisi Revisi 2008. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Martalena dan Maya Malinda. 2011. Pengantar Pasar Modal. Yogyakarta:

Metode Non Paramertik Data Envelopment Analisis. www. bigoid. Perusahaan. PT Gramedia Pustaka, Jakarta Pengendali Bisnis. Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Milter dan Modigliani, 1963. Manajemen KeuanganTeori dan Penerapan (Keputusan Jangka Pendek). Edisi Kedua.Yogyakarta.

Purnamasari dkk, 2009 “Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Pendek). Edisi Kedua. Yogyakart: BPFE.

Riyanto Bambang (2001), Buku Pintar Pasar Modal Indonesia, Jakarta, Mediasoft Indonesia.

Sawir. 2005. Analisis Kinerja dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. PT Gramedia Pustaka. Jakarta.

Subiyantoro, Edi dan Fransisca Andreani. 2003. Analisis Faktor-FaktorYang Memengaruhi Harga Saham (Kasus Perusahaan Jasa Perhotelan yang Terdaftar di Pasar Modal Indonesia). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 5, No. 2, September 2003:171-180.

Subiyantoro, Edi dan Fransisca Andreani. 2003. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Harga Saham (Kasus Perusahaan Jasa Perhotelan yang Terdaftar di Pasar Modal Indonesia). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol.5, No. 2, September 2003: 171-180.

Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS, Contoh Kasus dan Pemecahannya. Yogyakarta:

Andi.Swary dan Aharony, 1980. Analisis Saham.

Trisno, Dedy dan Farnsiska Soejono. 2008. Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Telekomunikasi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Keuangan dan Bisnis Vol. 6, No.1, Maret 2008, hal 39.

Widiatmojo Sawidji, 2005. Analisis Harga saham pada pasar modal.

Yuliawati. Restu. Eka. 2003. Pengaruh Divident, Per Share, Return On Equity, Net Profit Margin, Likuiditas Saham, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham. Bandung.

Downloads

Published

2022-07-18

How to Cite

Pelupessy, F. W. (2022). PENGARUH NET PROFIT MARGIN, RETURN ON EQUITY DAN CURRENT RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). AMAL: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2). https://doi.org/10.33477/eksy.v3i02.3096

Issue

Section

Articles