KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-MA’ARIJ AYAT 19-35 (KAJIAN TAFSIR AL-MARAGHI)

Authors

  • Lisna Ekawati, Ummu Sa’idah, Maimunah IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/kjim.v1i1.883

Abstract

Abstrak Tujuan peneliti mengkaji QS. al-Ma’arij ayat 19 sampai 35 berdasarkan tafsir al-Maraghi adalah untuk mengetahui kosep pendidikan akhlak menurut Ahmad Mushthafa (al-Maraghi). Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca buku-buku, dan menganalisis makna QS. Al-Ma’arij (70) Ayat 19 Sampai Ayat 35, dengan menggunakan kitab tafsir al-Maraghi. Serta lebih memfokuskan kepada konsep pendidikan akhlak itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam surah al-Ma’arij ayat 19-35 terkandung. Konsep pendidikan akhlak, diantaranya: berpedoman atau berpegang teguh terhadap tauhid, al-qur’an dan hadist dan juga kita harus menjauhi sifat tercela yang umum dimiliki oleh manusia yaitu sifat keluh kesah dan kikir. Kedua sifat tercela tersebut sungguh tidak menguntungkan bagi kehidupan manusia, sehingga harus dijauhi dan dihapus dari kehidupan serta menggantinya dengan sifat yang terpuji yaitu sifat melapangkan hati, sabar, merasa senang dan sifat dermawan, murah hati, suka memberi. Agar terhindar dari sifat keluh kesah dan sifat kikir maka seorang muslim dapat melakukannya dengan cara sebagaimana yang dianjurkan dalam Q.S. al-Ma’arij (70) ayat 19-35 adalah sebagai berikut: mengerjakan shalat pada setiap waktu yang ditetapkan, menunaikan zakat dan mengeluarkan sedekah, beriman kepada adanya hari pembalasan, takut kepada azab Allah swt, memelihara kehormatan, menjaga amanat yang dipercayakan kepadanya, memberikan kesaksian dengan jujur dan adil, dan memelihara shalat dengan baik.

References

Al-Qur’an Al-Karim

Abu Ahmadi, Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma’arif, 1989.

Athiyah al-Abrasyi, M. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terjemahan Bustami A Gani dan Djohar Bahry, Cet. V; Jakarta:Bulan Bintang, 1987.

Darajat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: PT Sygma Examedia Arkanleema, 2009.

Hamka, Tafsir Al-Azhar; Diperkaya Dengan Pendekatan Sejarah, Sosiologi, Tasawuf, Ilmu Kalam, Sastra, Dan Psikologi. Jakarta; Gema Insani: 2015.

Handoko, dkk, Meneladani Akhlak, Jakarta, 2004.

Ibnu Kasir Ad-Dimasyqi, Al-Imam Ismail. Tafsir Ibnu Katsir, Al-Mulk Sampai Dengan Al-Mursalat, Juz 29, Cet. III; Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.

Kaelany HD, Islam dan Aspek-Aspek Kemasyarakatan, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Kementrian Agama RI, Tafsir Ringkas Al-Qur’an Al-Karim, Cet. I; Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Tahun 2016.

Munawwir, Ahmad Warsono. Kamus Arab-Indonesia, Cet.I; Surabaya: Pustaka Progresif, 2007.

Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Kencana Prenada Media Group,2010.

Natsir, M. Metode Penelitian, Cet. IV; Jakarta: Galia Indonesia, 1988.

Nur Ichwan, Mohammad. Belajar Al-Qur’an: Menyingkap Khazanah Ilmu-Ilmu al-Qur’an Melalui Pendekatan Historis-Metodologis, Semarang: Rasail, 2005.

Quraish Shihab, Al-Lubab ; Makna, Tujuan, dan Pelajaran Dari Surah-Surah Al-Qur’an, Tanggerang: Lentera Hati, 2012.

Quraish Shihab, M. Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2009.

Quraish Sihab, M. Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan Pustaka, 2007.

Sabri, Alisuf Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005.

Sudarto, Metode Penelitian Filsafat, Cet. II; Jakarta: Grafindo Persada, 1997.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Tim Sholahuddin, Kumpulan Juz 30, 29, dan 28; Al-Matsurat Hadist Arbain. Jakarta: Sholahuddin Perss, 2015.

Uhibuyati, Nur Long Life Education: Pendidikan Anak Sejak dalam Kandungan sampai Lansia, Semarang: Walisongo Press, 2009.

Zed, Mestika. Metode Penelitian kepustakaan, Cet:I:Jakarta:Yayasan Obor Indonesia,2004.

Downloads

Published

2019-01-18