ETNOMATEMATIKA PADA BENTUK KUE TRADISIONAL HALUA KENARI DI NEGERI TELUTIH BARU KABUPATEN MALUKU TENGAH
Abstract
Matematika dan budaya sangat berkaitan satu sama lain. Matematika dalam budaya disebut etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada bentuk kue tradisional halua kenari khas negeri telutih baru kecamatan tehoru kabupaten maluku tengah. kue tradisional khas negeri telutih baru dijadikan sebagai objek penelitian karena kue tersebut diyakini masih tetap terjaga keunikannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yaitu observasi oleh 3 orang observer, wawancara dengan 1 pembuat kue tradisional halua kenari khas negeri teluti baru, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat etnomatematika pada bentuk kue tradisional halua kenari khas negeri telutih baru, yaitu konsep pengukuran dan geometri pada kue tradisional halua kenari khas negeri telutih baru, dilihat dari bahan dasar atau takaran yang memuat konsep pengukuran yaitu kenari sebanyak 2kg, gua pasir sebanyak 1kg, garam sebanyak 1 sendok, dan air sebanyak 500 ml. sedangkan pada bentuk dari halua kenari tersebut ia memuat konsep geometri yakni geometri datar (lingkaran dan persegi) dan geometri ruang (tabung, balok dan kerucut).
References
REFERENCES
D'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
Hasanah Arifatul, Susanto, Trapsilasiwi Dina. (2021). Etnomatematika pada Bentuk Jajanan Tradisional di Desa Kemiren Banyuwangi Khas Suku Osing sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, vol.9.no.2
Lestari, A. B., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Kampung Cibogo pada Materi SPLDV. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 92-102.
Puspadewi, K. R., Putra, I G.N.N./ Etnomatematika di Bali Kerajinan Anyaman Bali
Zhang, W., & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and its integration within the mathematics curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1), 151-157.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.