ETNOMATEMATIKA PADA BENTUK KUE TRADISIONAL HALUA KENARI DI NEGERI TELUTIH BARU KABUPATEN MALUKU TENGAH

Authors

  • Asni Wati Wattimena Tadris Matematika Pascasarjana IAIN Ambon
  • Sitna Sindi Hayoto
  • Ekawati Kadir
  • Djaffar Lessy
  • Yuli Hastuti

Abstract

Matematika dan budaya sangat berkaitan satu sama lain. Matematika dalam budaya disebut etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada bentuk kue tradisional halua kenari khas negeri telutih baru kecamatan tehoru kabupaten maluku tengah. kue tradisional khas negeri telutih baru dijadikan sebagai objek penelitian karena kue tersebut diyakini masih tetap terjaga keunikannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yaitu observasi oleh 3 orang observer, wawancara dengan 1 pembuat kue tradisional halua kenari khas negeri teluti baru, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat etnomatematika pada bentuk kue tradisional halua kenari khas negeri telutih baru, yaitu konsep pengukuran dan geometri pada kue tradisional halua kenari khas negeri telutih baru, dilihat dari bahan dasar atau takaran yang memuat konsep pengukuran yaitu kenari sebanyak 2kg, gua pasir sebanyak 1kg, garam sebanyak 1 sendok, dan air sebanyak 500 ml. sedangkan pada bentuk dari halua kenari tersebut ia memuat konsep geometri yakni geometri datar (lingkaran dan persegi) dan geometri ruang (tabung, balok dan kerucut).

References

REFERENCES

D'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

Hasanah Arifatul, Susanto, Trapsilasiwi Dina. (2021). Etnomatematika pada Bentuk Jajanan Tradisional di Desa Kemiren Banyuwangi Khas Suku Osing sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, vol.9.no.2

Lestari, A. B., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Kampung Cibogo pada Materi SPLDV. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 92-102.

Puspadewi, K. R., Putra, I G.N.N./ Etnomatematika di Bali Kerajinan Anyaman Bali

Zhang, W., & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and its integration within the mathematics curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1), 151-157.

Downloads

Published

2023-09-02