PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI HIMPUNAN YANG BERINTEGRASI KEISLAMAN PADA SISWA KELAS VII MTs HASYIM ASY’ARI AMBON

Authors

  • Nur Alim
  • Siti Jumaeda
  • Patma Sopamena
  • Gamar Assagaf
  • Mariana Mariana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran materi himpunan yang berintegrasi keislaman yang layak digunakan pada siswa kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Penelitian ini menggunakan model research and development (R&D) dengan model yang digunakan yakni Borg and Gall. Tahapan penelitian meliputi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Instumen yang digunakan adalah instumen penguji kevalidan berupa lembar validasi oleh ahli serta angket respon penggunan video oleh siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis kelayakan video pembelajaran oleh ahli media menunjukkan persentase ahli 98% atau dengan katagori sangat layak sehingga sudah dapat digunakan dengan sedikit revisi. sementara hasil   kelayakan ahli materi dan ahli tentang integrasi keislaman memenuhi katagori tinggi dengan perolehan presentasi nilai 77%. sedangkan pada tingkat uji coba respon guru mata pelajaran memperoleh presentase nilai 100% dengan katagori sangat layak.sementara  respon siswa pada uji skala kecil 93%, dan respon siswa pada uji skala besar mencapai  presentase 90%. Hasil persentase uji coba produk maka dapat dikatakan bahwa video pembelajaran materi himpunan berintegrasi keislaman sangat layak digunakan di MTs Hasyim Asy’ari Ambon.

References

Ainina, I. A. (2014). pemanfaatan media audio visual sebagai sumber pembelajaran sejarah. indonesian jurnal of history education, 14.

Azhar, A. ( 2011). Media Pembelajaran . Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Indah Kurnia Safitri, ‘Kelayakan Teoritis Media Animasi Interaktif Electronic Game Flash

Musarofah, s. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Video AnimasI dengan output youtube. repository.radenintan.ac.id,

Muspiroh, N. (2013). Integrasi nilai Islam dalam pembelajaran IPA (perspektif pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484-498.

Natalia, D. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. jakarta : multi presindo.

Pakarkomunikasi.com,’’8 Teori Media Pembelajaran Menurut Para Ahli’’,diakses dari https://pakarkomunikasi.com/teori-media-pembelajaran-menurut-para-ahli, pada tanggal 3 Oktober 2019

Putri, G. E. (2014). Pengembangan Media Video Mata Pelajaran Keterampilan Menyulam Untuk Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XII Di SMA Luar Biasa Yogyakarta. eprints@UNY, 20.

Sari, F. A. (2019). Pengembangan Modul Terintegrasi Keislaman Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Swasta Darul Iman Kabupaten Aceh Tenggara. UIN Ar-Raniry.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sirkulasi Manusia’, Jurnal UNESA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 4.3 (2015), h.968.

www.Jpnn.com. ( 2019, oktober 21). indra charismiadji: 97,5% guru tak paham teknologi informasi. pendidikan, pp. 1-2.

Yulis puranto, s. r. (2015). pengembangan bahan ajar berbasis kontkestual pada materi himpunan berbantu video pembelajaran. AKSIOMA JURNAL.

Downloads

Published

2023-09-02