PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI HIMPUNAN YANG BERINTEGRASI KEISLAMAN PADA SISWA KELAS VII MTs HASYIM ASY’ARI AMBON
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran materi himpunan yang berintegrasi keislaman yang layak digunakan pada siswa kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Penelitian ini menggunakan model research and development (R&D) dengan model yang digunakan yakni Borg and Gall. Tahapan penelitian meliputi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Instumen yang digunakan adalah instumen penguji kevalidan berupa lembar validasi oleh ahli serta angket respon penggunan video oleh siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis kelayakan video pembelajaran oleh ahli media menunjukkan persentase ahli 98% atau dengan katagori sangat layak sehingga sudah dapat digunakan dengan sedikit revisi. sementara hasil kelayakan ahli materi dan ahli tentang integrasi keislaman memenuhi katagori tinggi dengan perolehan presentasi nilai 77%. sedangkan pada tingkat uji coba respon guru mata pelajaran memperoleh presentase nilai 100% dengan katagori sangat layak.sementara respon siswa pada uji skala kecil 93%, dan respon siswa pada uji skala besar mencapai presentase 90%. Hasil persentase uji coba produk maka dapat dikatakan bahwa video pembelajaran materi himpunan berintegrasi keislaman sangat layak digunakan di MTs Hasyim Asy’ari Ambon.
References
Ainina, I. A. (2014). pemanfaatan media audio visual sebagai sumber pembelajaran sejarah. indonesian jurnal of history education, 14.
Azhar, A. ( 2011). Media Pembelajaran . Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Indah Kurnia Safitri, ‘Kelayakan Teoritis Media Animasi Interaktif Electronic Game Flash
Musarofah, s. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Video AnimasI dengan output youtube. repository.radenintan.ac.id,
Muspiroh, N. (2013). Integrasi nilai Islam dalam pembelajaran IPA (perspektif pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484-498.
Natalia, D. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. jakarta : multi presindo.
Pakarkomunikasi.com,’’8 Teori Media Pembelajaran Menurut Para Ahli’’,diakses dari https://pakarkomunikasi.com/teori-media-pembelajaran-menurut-para-ahli, pada tanggal 3 Oktober 2019
Putri, G. E. (2014). Pengembangan Media Video Mata Pelajaran Keterampilan Menyulam Untuk Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XII Di SMA Luar Biasa Yogyakarta. eprints@UNY, 20.
Sari, F. A. (2019). Pengembangan Modul Terintegrasi Keislaman Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Swasta Darul Iman Kabupaten Aceh Tenggara. UIN Ar-Raniry.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sirkulasi Manusia’, Jurnal UNESA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 4.3 (2015), h.968.
www.Jpnn.com. ( 2019, oktober 21). indra charismiadji: 97,5% guru tak paham teknologi informasi. pendidikan, pp. 1-2.
Yulis puranto, s. r. (2015). pengembangan bahan ajar berbasis kontkestual pada materi himpunan berbantu video pembelajaran. AKSIOMA JURNAL.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.