EKSPLORASI ETNOMATEMATIIKA PADA PAKAIAN DAN RUMAH ADAT DI MALUKU: SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW

Authors

  • Salmiati Ma’ruf
  • Patma Sopamena
  • Djaffar Lessy
  • Fahruh Juhaevah
  • Sari Sari
  • Nurul Hidayah Muslim

Abstract

Tuntutan kurikulum pendidikan agar pembelajaran matematika harus berbasis budaya. Sehingga maraknya penelitian etnomatematika yang beragam disetiap daerah khususnya di Maluku misalnya pada objek pakaian dan rumah adat. Penelitian ini berntujuan untuk mendekripsikan hasil penelitian etnomatematika pada pakaian dan rumah adat di Maluku, sebagai upaya mengenal dan memanfaatkan budaya Maluku dalam memahami matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literatur Review (SLR).  Artikel dan proseding di ambil dari database Google Scholar dengan kata kunci “Etnomatematika di Maluku”, dipilih sesuai kriteria yang tentukan terbitan tahun 2019-2023. Hasil pelitian menjukkan pembelajaran matematika di Maluku dapat melalui budaya pakaian dan rumah adat. Konsep matematika yang ditemukan pada pakaian (Tarian cakalele dan Tarian Tnabar Ila’a ) dan rumah adat (rumah adat Desa Nuanea, Beileo, Bera, dan rumah adat Desa Lorulun) adalah operasi bilangan, pengukuran, dan geometri. Seajuh ini penelitian etnomatematika pada pakaian dan rumah adat Maluku masih sedikit. Diharapkan peneliti etnomatematika berikunya dapat menggali lebih banyak pakaian dan rumah adat Maluku pada konsep matematika lainnya sehingga budaya dapat disajikan alat dan sumber belajar.

References

Amanda, N., & Putra, A. (2022). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: ETNOMATEMATIKA PADA PAKAIAN ADAT DAN ATRIBUT. Jurnal Pendidikan Guru Matematika.

Dereck Moriolkosu, A., Sulastri Dewanti Handayani, S., & Sunarso, A. (2020). Ethnomathematics and Ethnoscience Analysis of Aru Culture Related to Mathematics and Science Concepts at Elementary School. Educational Management.

Fitriani, D., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review (SLR): Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional. Journal of Mathematics Education and Learning. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.29093

Iraratu, M. K., Urath, S., Srue, O., & Nifanngelyau, J. (2021). Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Desa Lorulun Kecamatan Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i12.394

Juhaevah, F. (2022). Developing mathematics problems using local wisdom context of Maluku to improve students’ numeracy. Jurnal Elemen, 8(1), 323–339.

Juhaevah, F. (2023). Ethnomathematics: The Early Determining Model of Ramadan and Eid al-Fitr in Hila Maluku. 7th International Symposium on Mathematics Education and Innovation (ISMEI 2022), 23–32.

Lidinillah, D. A. M., Rahman, R., Wahyudin, W., & Aryanto, S. (2022). INTEGRATING SUNDANESE ETHNOMATHEMATICS INTO MATHEMATICS CURRICULUM AND TEACHING: A SYSTEMATIC REVIEW FROM 2013 TO 2020. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i1.p33-54

Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1497

Sopamena, P., & Juhaevah, F. (2019). KARAKTERISTIK ETNOMATEMATIKA SUKU NUAULU DI MALUKU PADA SIMBOL ADAT CAKALELE. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan. https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss2pp075-084ar772

Downloads

Published

2023-09-02