DESCRIPTION OF STUDENTS' ABILITY TO SOLVE CIRCLE PROBLEMS IN TERMS OF UNDERSTANDING MATHEMATICAL CONCEPTS
Abstract
Pemahaman konsep matematika sangat penting untuk siswa, karena konsep matematika yang satu dengan yang lain saling berkaitan sehingga untuk mempelajarinya harus runtut dan berkesinambungan. Jika siswa telah memahami konsep-konsep matematika maka akan memudahkan siswa dalam mempelajari konsep-konsep matematika berikutnya yang lebih kompleks. Pemahaman sendiri diartikan sebagai penyerapan arti materi yang dipelajari. Sehingga untuk mengetahui pemehaman kosep matematika siswa maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri Ambon kelas VIII berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menggambarkan bahwa siswa yang dapat menyelesaikan soal bilangan bulat dengan presentase 91% dan soal pecahan 68%, sedangkan siswa tidak dapat menyelesaikan soal aljabar dengan presentase 64% dan soal bangun datar 73%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa soal bilangan bulat dan pecahan dapat diselesaikan oleh siswa dengan mudah, sedangkan soal aljabar dan bangun datar tidak dapat diselesaikan oleh siswa.
References
Aini, P. N., Hariyani, S., & Suwanti, V. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Menurut Teori Honey Mumfor. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika).
Apriliani, V. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. STATMAT : JURNAL STATISTIKA DAN MATEMATIKA.
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.
Depdiknas. (2006). Standart Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen pendidikan nasional direktorat pendidikan dasar dan menengah.
Handayani, S. D. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan).
Juniantari, M., Pujawan, I. G. N., & Widhiasih, I. D. A. G. (2019). PENGARUH PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA. Journal of Education Technology.
Liberna, H. (2018). Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 41 Jakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika).
Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika.
Mutmainna, D., Mania, S., & Sriyanti, A. (2018). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA DUA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. MaPan.
Nastiti, F. F., & Syaifudin, A. H. (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp N 1 Plosoklaten Pada Materi Lingkaran. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8.
Permendikbud. (2016). No Title. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Riyatuljannah, T., & Suyadi, S. (2020). ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS V SDN MAGUWOHARJO 1 YOGYAKARTA. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru.
Romansyah, F., Matematika, J. P., & Riau, U. (2018). PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL LUAS DAN KELILING LINGKARAN. 2, 1703–1709.
Sari, D. P. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC.
Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika.
Solihah, A., Yusuf Aditya, D., & Saefullah Kamali, A. (2022). PENGARUH GAYA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Berajah Journal.
Sopamena, P., Andriansyah, R., & Sopamena, K. (2020). Analysis of Understanding of Student Concepts in Solving Absolute Value Problems. MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN, 7(2), 42.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.
Warmi, A. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 297–306.
Yufentya, W. E., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 197–202.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.