DESAIN ANIMAKER MEDIA USING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP BAHAN AJAR KAIDAH PENCACAHAN

Authors

  • La Olo Nuru
  • Patma Sopamena
  • St. Jumaeda
  • Abdillah Abdillah
  • Hasdi Litiloly
  • La Yama

Abstract

Kurangnya pemahaman guru dalam penguasaan informasi dan teknologi akan memiliki dampak terhadap penggunaan media pembelajaran terhadap proses belajar mengajar. Hal ini akan terkesan proses pembelajaran tidak menyenangkan, sehingga akan berpengaruh terhadap presetasi belajar terutama mata pelajaran matematika, lebih khususnya bahan ajar atau materi kaidah pencacahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi animaker media using untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik terhadap bahan ajar kaidah pencacahan. Penelitian ini dilaksanakan di MA Nusa Mandiri Tonu Jaya Seram Bagian Barat. Jenis penelitian ini adalah pengembangan Research and Developmen (R&D). Penelitian ini menggunakan model lima tahap atau disebut mantap. Berdasarkan hasil respon siswa, skor perolehan dengan bervariasi dari hasil yang terendah 85,45% dimiliki oleh 1 orang siswa, 87,27 % dimiliki oleh 2 orang siswa, 89,09 % dimilik 1 orang siswa, 90,91% dimiliki  5 orang siswa, 92,73% dimiliki 2 orang siswa, 94,55% dimiliki 3 orang siswa, dan 100% dimiliki oleh 2 orang siswa, sehingga jumlah rata-rata 92,05% respon siswa terhadap disaign animaker media using untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik  terhadap bahan ajar kaidah pencacahan adalah adalah dikatagorikan sangat setuju dalam penggunaannya.

References

Ariandhini, E., & Anugraheni, I. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Puisi Mapel Bahasa Indonesia Kelas 3 Sd. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP.

Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). Pengembangan Media Animaker Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator di Kelas IV SD UMP. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.608

Jatmiko, M. A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Desain Didaktis Materi Kaidah Pencacahan Untuk Siswa SMA Kelas XI. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME). https://doi.org/10.36269/hjrme.v4i1.464

Maheswari, G., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animaker terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.872

Putri Purwaningrum, J., & Ahyani, L. N. (2020). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Matematika pada Materi Luas Daerah Belah Ketupat dengan Pendekatan Luas Daerah Segitiga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2449

Rahmadhani, V. A., & Quro, U. (2022). Pengaruh media pembelajaran audio visual animaker terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV. Jurnal Cakrawala Pendas.

Rizqika, P., Hobri, & Pratama Murtikusuma, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Dan Jumping Task Pada Pokok Bahasan Kaidah Pencacahan Untuk Siswa Sma. Kadikma.

Sari, N. K. C. P. (2022). Powtoon Animation Video Based on Contextual Approach in Elementary School Mathematics Learning. MIMBAR PGSD Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.47337

Sattriawan, A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.314

Sumarni, S. (2019). Model penelitian dan pengembangan (RnD) lima tahap (MANTAP). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan.

Suwandi, S., Utaminingsih, S., & Darmanto, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Faktorisasi Prima Berbasis Android di Kelas IV Sekolah Dasar. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika. https://doi.org/10.30659/kontinu.5.1.3-16

Downloads

Published

2023-09-02