DESAIN ANIMAKER MEDIA USING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP BAHAN AJAR KAIDAH PENCACAHAN
Abstract
Kurangnya pemahaman guru dalam penguasaan informasi dan teknologi akan memiliki dampak terhadap penggunaan media pembelajaran terhadap proses belajar mengajar. Hal ini akan terkesan proses pembelajaran tidak menyenangkan, sehingga akan berpengaruh terhadap presetasi belajar terutama mata pelajaran matematika, lebih khususnya bahan ajar atau materi kaidah pencacahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi animaker media using untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik terhadap bahan ajar kaidah pencacahan. Penelitian ini dilaksanakan di MA Nusa Mandiri Tonu Jaya Seram Bagian Barat. Jenis penelitian ini adalah pengembangan Research and Developmen (R&D). Penelitian ini menggunakan model lima tahap atau disebut mantap. Berdasarkan hasil respon siswa, skor perolehan dengan bervariasi dari hasil yang terendah 85,45% dimiliki oleh 1 orang siswa, 87,27 % dimiliki oleh 2 orang siswa, 89,09 % dimilik 1 orang siswa, 90,91% dimiliki 5 orang siswa, 92,73% dimiliki 2 orang siswa, 94,55% dimiliki 3 orang siswa, dan 100% dimiliki oleh 2 orang siswa, sehingga jumlah rata-rata 92,05% respon siswa terhadap disaign animaker media using untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik terhadap bahan ajar kaidah pencacahan adalah adalah dikatagorikan sangat setuju dalam penggunaannya.
References
Ariandhini, E., & Anugraheni, I. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Puisi Mapel Bahasa Indonesia Kelas 3 Sd. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP.
Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). Pengembangan Media Animaker Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator di Kelas IV SD UMP. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.608
Jatmiko, M. A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Desain Didaktis Materi Kaidah Pencacahan Untuk Siswa SMA Kelas XI. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME). https://doi.org/10.36269/hjrme.v4i1.464
Maheswari, G., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animaker terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.872
Putri Purwaningrum, J., & Ahyani, L. N. (2020). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Matematika pada Materi Luas Daerah Belah Ketupat dengan Pendekatan Luas Daerah Segitiga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2449
Rahmadhani, V. A., & Quro, U. (2022). Pengaruh media pembelajaran audio visual animaker terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV. Jurnal Cakrawala Pendas.
Rizqika, P., Hobri, & Pratama Murtikusuma, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Dan Jumping Task Pada Pokok Bahasan Kaidah Pencacahan Untuk Siswa Sma. Kadikma.
Sari, N. K. C. P. (2022). Powtoon Animation Video Based on Contextual Approach in Elementary School Mathematics Learning. MIMBAR PGSD Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.47337
Sattriawan, A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.314
Sumarni, S. (2019). Model penelitian dan pengembangan (RnD) lima tahap (MANTAP). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan.
Suwandi, S., Utaminingsih, S., & Darmanto, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Faktorisasi Prima Berbasis Android di Kelas IV Sekolah Dasar. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika. https://doi.org/10.30659/kontinu.5.1.3-16
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.