PENGARUH KEPRIBADIAN GURU BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP N 3 MATTIROSOMPE

Authors

  • Isrul Isrul SMP Negeri 3 Mattirosompe, Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v6i1.137

Abstract

Secara umum peserta didik akan termotivasi untuk belajar apabila ia melihat situasi pengajaran cenderung memuaskan dirinya sesuai dengan kebutuhannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas adalah pengaruh kepribadian guru biologi, dengan indikator: cara berbuat, sikap, minat, dan temperamen emosional. Variabel terikat adalah motivasi belajar peserta didik, dengan indikator: perasaan senang belajar, semangat belajar, dan niat yang kuat untuk belajar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepribadian guru biologi terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Mattirosompe. Besar pengaruh kepribadian guru biologi terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Mattirosompe adalah 23%. Kata Kunci: motivasi belajar, kepribadian guru

References

Achmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu Dan Nur Ubhiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

AM, Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Arikunto, Suharmi. 1998. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

B. Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Daien Indrakusuma, Amir. 1978. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Daradjat, Zakiah. 2005. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Departemen Agama Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam. 2002. Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: PT. Rosdakarya.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1997. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

H. Bower, Gordon dan Ernest R. Hilgard. 1981. Theories of Learning. London: Prentice Hall International.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hanikah. Hubungan Kepribadian Guru, dari http://hanikah.blogspot.com/hubungan-kepribadian-guru.html, diakses 30 Desember 2016

HM, Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi. 1990. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jalaludin. 2005. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kartono, Kartini. 1979. Teori Kepribadian. Bandung: Alumni.

Khozizah, Siti. 2008. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru PAI terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Di Mts Mujahidin Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati, Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustaqim dan Abdul Wahib. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

P. Miller, John. 2002. Cerdas di Kelas; Sekolah Kepribadian, terjemahan Abdul Munir Mulkhan. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Renyaan, Zakia H. 2015. Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas VIII SMP Al- Wathan Ambon. Skripsi. IAIN Ambon: FITIK.

Rohmat. 2004. Persepsi Siswa Tentang Kewibawaan Guru PAI dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN Ngasinan Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Semarang: Fakultas Tarbiyah.

Sabri, Alisuf. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Saidatulrahmah, Umi. 2004. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Resitasi terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Semarang Tahun Pelajaran 2007/2008. Semarang: Fakultas Tarbiyah.

Saondi, Ondi & Suherman Aris. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama,

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faklor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujiono, Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suyanto, Djihad. 2013. Calon Guru Dan Guru Professional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tohirin. 2010. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2006.

Utsman Najati. 1997. M. al-Qur’an dan Ilmu Jiwa, terj. Ahmad Rofi’ ‘Usman. Bandung: Pustaka.

Wael, Jumiati. 2012. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Biologi terhadap Minat Belajar Siswa di SMPN 8 Amahai Satu Atap Dusun Ampera Desa Tamilow Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi. IAIN Ambon: FITK.

Published

2017-06-07