PENGARUH KEPRIBADIAN GURU BIOLOGI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP N 3 MATTIROSOMPE
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v6i1.137Abstract
Secara umum peserta didik akan termotivasi untuk belajar apabila ia melihat situasi pengajaran cenderung memuaskan dirinya sesuai dengan kebutuhannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas adalah pengaruh kepribadian guru biologi, dengan indikator: cara berbuat, sikap, minat, dan temperamen emosional. Variabel terikat adalah motivasi belajar peserta didik, dengan indikator: perasaan senang belajar, semangat belajar, dan niat yang kuat untuk belajar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepribadian guru biologi terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Mattirosompe. Besar pengaruh kepribadian guru biologi terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Mattirosompe adalah 23%. Kata Kunci: motivasi belajar, kepribadian guruReferences
Achmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, Abu Dan Nur Ubhiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
AM, Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Arikunto, Suharmi. 1998. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
B. Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Daien Indrakusuma, Amir. 1978. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Daradjat, Zakiah. 2005. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.
Departemen Agama Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam. 2002. Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: PT. Rosdakarya.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1997. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
H. Bower, Gordon dan Ernest R. Hilgard. 1981. Theories of Learning. London: Prentice Hall International.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hanikah. Hubungan Kepribadian Guru, dari http://hanikah.blogspot.com/hubungan-kepribadian-guru.html, diakses 30 Desember 2016
HM, Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi. 1990. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Jalaludin. 2005. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kartono, Kartini. 1979. Teori Kepribadian. Bandung: Alumni.
Khozizah, Siti. 2008. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru PAI terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Di Mts Mujahidin Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati, Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.
Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustaqim dan Abdul Wahib. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
P. Miller, John. 2002. Cerdas di Kelas; Sekolah Kepribadian, terjemahan Abdul Munir Mulkhan. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Renyaan, Zakia H. 2015. Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas VIII SMP Al- Wathan Ambon. Skripsi. IAIN Ambon: FITIK.
Rohmat. 2004. Persepsi Siswa Tentang Kewibawaan Guru PAI dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN Ngasinan Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Semarang: Fakultas Tarbiyah.
Sabri, Alisuf. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Saidatulrahmah, Umi. 2004. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Resitasi terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Semarang Tahun Pelajaran 2007/2008. Semarang: Fakultas Tarbiyah.
Saondi, Ondi & Suherman Aris. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama,
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faklor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto, Wasty. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sujiono, Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Suyanto, Djihad. 2013. Calon Guru Dan Guru Professional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tohirin. 2010. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2006.
Utsman Najati. 1997. M. al-Qur’an dan Ilmu Jiwa, terj. Ahmad Rofi’ ‘Usman. Bandung: Pustaka.
Wael, Jumiati. 2012. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Biologi terhadap Minat Belajar Siswa di SMPN 8 Amahai Satu Atap Dusun Ampera Desa Tamilow Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi. IAIN Ambon: FITK.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.