UJI PAKAN LIMBAH BAYAM DALAM RANSUM TERHADAP KONSUMSI PAKAN, PERTAMBAHAN BOBOT BADAN DAN KONVERSI PAKAN AYAM KAMPUNG (Gallus domesticus)

Sri Pangestuti, Aminudin Umasangadji

Abstract


Ayam kampung merupakan sumber protein hewani yang sangat potensial dan mempunyai prospek untuk dikembangkan. Namun kenyataannya masih banyak ternak ayam kampung yang diusahakan produktifitasnya tidak maksimal, selain itu pakan yang diberikan juga belum memiliki standar nutrisi yang tepat. Untuk meningkatkan produktivitas ternak perlu dilakukan upaya mencari sumber pakan alternatif. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan limbah bayam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian limbah bayam dalam ransum terhadap konsumsi pakan, pertambahan bobot badan dan konversi pakan ayam kampung periode grower. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pemberian limbah bayam dalam ransum berpengaruh tidak nyata (Fhitung

References


Amrullah, I. K. 2004. Nutrisi Ayam Petelur. Cetakan Ke-3. Bogor: Lembaga Satu Gunung Budi

Ariska Dwi Rully.2008. Pengaruh Pemberian Campuran Onggok Dan Molase Terfermentasi Terhadap Konsumsi Pakan, Konversi Pakan Dan Pertambahan Bobot Badan Ayam Pedaging. Jurnal. UIN Maliki Malang.

Bandini. Y. 2003. Mengenal Tanaman Bayam. Jurnal Agrobisnis Pertanian Vol 5 No 2.

Doraja. P. H. 2012. Biodegradasi Limbah Domestik Dengan Menggunakan Inoculum Alami Dari Tangki Septik. Jurnal Sains Dan Seni ITS Vol 1 No 1.

Hartanto. 2008. Pengeruh Penggantian Konsentrasi Dengan Daun Lamtoro Kering (Leucaena leucocepala) Dalam Ransum Terhadap Performa Kambing Kacang Jantan. Skripsi Program Strata Satu (S1) Universitas Sebelas Maret.

Julferina Sri. 2008. Pemanfaatan Tepung Keong Mas sebagai Substitusi Tepung Ikan Dalam Ransum Terhadap Performans Kelinci Jantan Lepas Sapih. Skripsi Program Strata Satu (S1) Universitas Sumatera Medan.

Masanto Ryan. 2008. Meraih Untung Dengan Ayam Kampung. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.

Masrurah Luluk. 2008. Pengaruh Penggunaan Limbah Padat Tahu Dalam Ransum Terhadap Konsumsi Pakan, Pertambahan Bobot Badan Dan Konversi Pakan Pada Ayam Kampung (Gallus domesticus) Periode Grower. Skripsi Program Strata Satu (S1) Universitas Islam Negeri Malang.

Mihrani. 2006. Pengaruh Campuran Ransum Komersial Dan Dedak Padi Yang Di Tambah Caco3 Dan Premix A Terhadap Pertumbuhan Ayam Buras Periode Starter. Jurnal Agrisistem Vol 2 No 1.

Mulyono. A. M. W. 2009. Nilai Nutritive Onggok-Terfermentasi Mutan Trichorderma AAI Pada Ayam Broiler. Yogyakarta: Media Kedokteran Hewan Fakultas Pertanian, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Rahayu Imam. 2003. Ayam Merawang Ayam Kampung Pedaging dan Petelur. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rasyaf. M. 2006. Manajemen Peternakan Ayam. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rasyaf, M. 1991. Seputar Makanan Ayam Kampung. Bogor: Kanisius.

Rasyaf, M. 1995. Pengelolaan Usaha Peternakan Ayam Pedaging. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sarwono B. 1990. Beternak Ayam Buras. Jakarta: Pondok Gede

Sufi Ichsan. 2006. Limbah Pasar Alternatif Penyedia Hijauan. Jurnal Ilmu-Ilmu Ternak Vol. 15 No. 2.

Sukanto. 1997. Mari Beternak Ayam. Semarang: CV Aneka Ilmu.

Suneth Bakry. 2003. Informasi Teknologi Peternakan Bagian Proyek Pembibitan Ternak Maluku. Ambon.

US Fitriani.2007. Pengaruh Pola Ransum Dengan Penambahan Limbah Udang Dan Bayam Terhadap Peningkatan Bobot Badan Ayam Kampung. Skripsi IKIP PGRI Semarang.

Yuwanta Tri. 2004. Dasar-Dasar Ternak Unggas. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.33477/bs.v6i1.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.