PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMKN 13 KOTA MALANG

Authors

  • Husnul Chotimah SMK Negeri 13 Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v2i1.145

Abstract

Nilai Rata-rata hasil belajar kelompok berdasarkan pembelajaran menggunakan metode kontruktivisme adalah untuk nilai tes awal Rata-rata (50,66), untuk tes akhir siklus I Rata-rata (67,915), dan untuk nilai tes akhir siklus II (77,97). Yang semuanya berlangsung pada dua siklus, pada siklus I setelah dilakukan tes akhir masih terdapat beberapa siswa yang nilainya di bawah KKM untuk itu penelitian dilanjutkan pada siklus II, setelah dilakukan tes akhir siklus II keseluruhan nilai siswa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan di SMKN 13 Kota Malang yaitu 60. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kontruktivisme

References

Arikunto Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Cet.III. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ke 2. Balai Pustaka. Jakarta.

Miarso Yusufhadi. 2005. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana. Jakarta

N.Y. Rustaman, dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. JICA-UPI. Bandung:

Poedjiadi Anna. 2005. Sains Teknologi Masyarakat. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung

Purwanto M. Ngalim. 1998. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evalusi Pengajaran. PT.Rosdakarya. Jakarta.

Sabri Alisuf. 1996. Psikologi Pendidikan Cet.II. Pedoman Ilmu Jaya. Jakarta.

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Foktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta:

Sudiono Anas. 1999. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta:

Suparno. P. 1997. Filsafat Konsrtuktivisme Dalam Pendidikan. Kanisius. Yogyakarta.

Syah Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru Cet. IX. PT.Remaja Rosda karya Offset. Bandung.

Tu’u Tulus. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Sinar Baru Grafindo. Bandung.

Winarno. 2000. Pembelajaran Matematika Aktif Efektif. PPG. Yogyakarta.

Published

2013-06-07