PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMKN 13 KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v2i1.145Abstract
Nilai Rata-rata hasil belajar kelompok berdasarkan pembelajaran menggunakan metode kontruktivisme adalah untuk nilai tes awal Rata-rata (50,66), untuk tes akhir siklus I Rata-rata (67,915), dan untuk nilai tes akhir siklus II (77,97). Yang semuanya berlangsung pada dua siklus, pada siklus I setelah dilakukan tes akhir masih terdapat beberapa siswa yang nilainya di bawah KKM untuk itu penelitian dilanjutkan pada siklus II, setelah dilakukan tes akhir siklus II keseluruhan nilai siswa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan di SMKN 13 Kota Malang yaitu 60. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran KontruktivismeReferences
Arikunto Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Cet.III. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ke 2. Balai Pustaka. Jakarta.
Miarso Yusufhadi. 2005. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana. Jakarta
N.Y. Rustaman, dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. JICA-UPI. Bandung:
Poedjiadi Anna. 2005. Sains Teknologi Masyarakat. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung
Purwanto M. Ngalim. 1998. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evalusi Pengajaran. PT.Rosdakarya. Jakarta.
Sabri Alisuf. 1996. Psikologi Pendidikan Cet.II. Pedoman Ilmu Jaya. Jakarta.
Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Foktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta:
Sudiono Anas. 1999. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta:
Suparno. P. 1997. Filsafat Konsrtuktivisme Dalam Pendidikan. Kanisius. Yogyakarta.
Syah Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru Cet. IX. PT.Remaja Rosda karya Offset. Bandung.
Tu’u Tulus. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Sinar Baru Grafindo. Bandung.
Winarno. 2000. Pembelajaran Matematika Aktif Efektif. PPG. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.