PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA N 2 NAMLEA
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v10i1.1521Abstract
Dalam membantu anak meningkatkan prestasi belajar, pendidik terutama guru harus menciptakan iklim yang merangsang pemikiran dan ketrampilan kreatif anak di sekolah. faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar adalah faktor yang berasal dari siswa atau disebut dengan faktor internal, dan faktor yang berasal dari luar dalam diri siswa yang disebut faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X MIA SMA Negeri 2 Buru Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Sampel berjumlah 40 Orang. Rancangan penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tipe penelitian ex-post-facto. Pengambilan data variabel bebas diambil dengan menggunakan angket dengan skala likert, sedangkan data variabel terikat dikumpulkan dari data dokumen sekolah. Data tersebut kemudian akan diuji prasyarat selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana melalui program statistik SPSS 23.0. Hasil Penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar berpengaruh atau mempunyai hubungan dengan prestasi belajar biologi siswa dan kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 56,1%References
Daskalovska, N, Gudeva, L. K, & Ivanovska, B (2012). Leaner Motivation and Interest Procedia- Sosial and Behavional Science,46, 1187-1191
Firmansyah, H. (2011). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal PendidikanJasmani Indonesia, 6(1)30-33
Hamdu G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.
Inayah, R. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar ata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri. 1-13
Insar,D., Paskalina Th, Lefan & Melda M (2017). Hubungan Mmotivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMP 21 Rendani Manokwari. FKIP Mataram
Lee, I-C.(2010). The Effect of Motivation, TotalQuality Theaching and Peer-Assisted Learning on Study Achievement : Empirical Analysis from Vocational Universities of Colleges student in Taiwan. The Journal Of Human Resourse and Adult Learning, 6(Desember), 56-73
Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
_______. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.