PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA N 2 NAMLEA

Authors

  • Sitti Hajiyanti Makatita Universitas Iqra Buru
  • Azwan Azwan Universitas Iqra Buru

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v10i1.1521

Abstract

Dalam membantu anak meningkatkan prestasi belajar, pendidik terutama guru harus menciptakan iklim yang merangsang pemikiran dan ketrampilan kreatif anak di sekolah. faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar adalah faktor yang berasal dari siswa atau disebut dengan faktor internal, dan faktor yang berasal dari luar dalam diri siswa yang disebut faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X MIA SMA Negeri 2 Buru Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Sampel berjumlah 40 Orang. Rancangan penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tipe penelitian ex-post-facto. Pengambilan data variabel bebas diambil dengan menggunakan angket dengan skala likert, sedangkan data variabel terikat dikumpulkan dari data dokumen sekolah. Data tersebut kemudian akan diuji prasyarat selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana melalui program statistik SPSS 23.0. Hasil Penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar berpengaruh atau mempunyai hubungan dengan prestasi belajar biologi siswa dan kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 56,1%

References

Daskalovska, N, Gudeva, L. K, & Ivanovska, B (2012). Leaner Motivation and Interest Procedia- Sosial and Behavional Science,46, 1187-1191

Firmansyah, H. (2011). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal PendidikanJasmani Indonesia, 6(1)30-33

Hamdu G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.

Inayah, R. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar ata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri. 1-13

Insar,D., Paskalina Th, Lefan & Melda M (2017). Hubungan Mmotivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMP 21 Rendani Manokwari. FKIP Mataram

Lee, I-C.(2010). The Effect of Motivation, TotalQuality Theaching and Peer-Assisted Learning on Study Achievement : Empirical Analysis from Vocational Universities of Colleges student in Taiwan. The Journal Of Human Resourse and Adult Learning, 6(Desember), 56-73

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

_______. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Published

2021-06-01