PENGARUH PEMETIKAN TUNAS TERHADAP HASIL PANEN UBI KAYU

Amina Hayoto, Cornelya Pary, Suhaedir Bachtiar

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen lapangan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu X0, X1, X2, dan X4. Tiap unit perlakuan terdiri dari 1 jenis ubi kayu yaitu dari varietas sawah. Waktu penelitian ini di laksanakan pada tanggal 9 Oktober sampai dengan 1 November 2014. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis varians (Anava). Jika ada pengaruh, maka dilanjutkan dengan menggunakan uji lanjut (BNT) berdasarkan nilai koefisien keragaman (KK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapat pengaruh pemetikan tunas terhadap hasil panen ubi kayu, Hasil uji anava didapatkan bahwa F hitung = 5,12 ≥ F tabel = 2,262, berarti terdapat pengaruh pemetikan tunas terhadap hasil panen ubi kayu atau H1 di terima dan H0 di tolak pada taraf signifikan 5 % dan besar pengaruh pemetikan tunas terhadap hasil panen ubi kayu adalah 92 %.

Kata Kunci: Pemetikan Tunas, Hasil Panen Ubi Kayu

References


A.K. Hanafiah. 2011. Rancangan Percobaan TeoridanAplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darjanto dan Murjati. 2000. Khasiat, Racun dan Masakan Ketela Pohon. Bogor: Yayasan Dwi Sri.

Fauzi, A. R. 2010. Induksi Multiplikasi Tunas Ubi Kayu Secara In Vitro. Skripsi. Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian Institut Pertanian. Bogor

Purwono & H. Purnamawati. 2007. Budidaya 8 Jenis Tanaman Pangan Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya.

R. Prihandana, Hendroko R. 2007. Energi Hijau. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rukmana R. 2001. Ubi Kayu: Budidaya dan Pasca Panen. Yogyakarta: Kanisius.

Soekartawi. 2005. Agroindustri dalam Perspektif Sosial Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Westby A. 2002. Cassava utilization, storage and small-scale processing. Di dalam Hillocks RJ, Thresh JM, Bellotti AC, editor. Cassava: Biology, Production and Utilization. Diakses tanggal 29 Januari 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.33477/bs.v6i2.161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.