KOMPARASI ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE TSTS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LEIHITU

Authors

  • Rizky Fatmalasari Latukau Universitas Darussalam Ambon
  • Febrywati Wattimury Universitas Darussalam Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v10i1.1638

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Leihitu yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan TSTS, (2) perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Leihitu yang bergaya kognitif FI dan FD, (3) perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Leihitu yang bergaya kognitif FI yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan TSTS, (4) perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Leihitu yang bergaya kognitif FD yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan TSTS, (5) perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Leihitu yang bergaya kognitif FI dan FD yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, dan (6) perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Leihitu yang bergaya kognitif FI dan FD yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Variabel dalam penelitian ini berupa variabel bebas yaitu model pembelajaran yang terdiri dari model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA siswa. Data dikumpulkan melalui 40 sampel yang terpilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian menggunakan dua perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen I diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sedangkan kelas eksperimen II diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Setiap kelas eksperimen masing-masing berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan 10 siswa yang memiliki gaya kognitif FD. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes yaitu Tes Hasil Belajar dan tes gaya kognitif (GEFT). Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan uji-t dan analisis regresi dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe (TPS) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe (TSTS), (2) ada perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang bergaya kognitif FI dan siswa yang bergaya kognitif FD, (3) ada perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang bergaya kognitif FI yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan siswa bergaya kognitif FI yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, (4) tidak ada perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang bergaya kognitif FD yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan siswa bergaya kognitif FD yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, (5) ada perbedaan hasil belajar IPA siswa yang bergaya kognitif FI dan FD yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, dan (6) ada perbedaan hasil belajar IPA siswa yang bergaya kognitif FI dan FD yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS.

Author Biographies

Rizky Fatmalasari Latukau, Universitas Darussalam Ambon

Pendidikan Fisika

Febrywati Wattimury, Universitas Darussalam Ambon

Pendidikan Biologi

References

Detiknews, Rata-rata Hasil UNBK 2019 Tingkat SMP Masih di Bawah Standar, 2019.

Ismail, Z & Liana, N A., Pengaruh Gaya Kognitif dan Kreativiti Terhadap Penyelesaian Masalah Geometri di Kalangan Pelajar Tingkatan 4 Aliran SAINS. Journal of Science and Mathematics Educational, 2011, Pages 46-66/ISSN: 2231-7368.

Florentina, Noviyani, dan Leonard, Leonard., Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2017. 7(2).

Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran, 2012. Jakarta: Kencana

Sutrisno, Asep Dedy., Samsudin, Achmad., Liliawati, Winny., Kaniawati, Ida., Suhendi, Endi. Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Momentum Dan Impuls. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2015. 20(1) 38

Zulfah, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2017. 1(2), 1–12.

Huda, Miftahul., Cooperative Learning, 2012. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bachri, Saeful, & Dasmo, Dasmo., Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2018. 7(3).

Ulya, Himmatul., Hubungan Gaya Kognitif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2015. 1(2).

Ngilawajan, Darma Andreas. 2013. Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2015. 2(1), 71.

Vendiagrys, Lia dan Junaedi, Iwan. Setipe Timss Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2015.

Rozaiah, Nazua. Wati, Mustika, Mastuang, Mastuang,. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Kelas XIi IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2019.

Darmono, Al., Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik dalam Belajar. Al-Mabsut, 2012. 3(1), 63–69.

Asdar, Sadriwanti Arifin, Abdul Rahman. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas VIII Unggulan SMPN 1 Watampone. Jurnal Daya Matematis, 2015. 3(1) 20

Kafiar, Elisabeth., Kho, Ronaldo dan Triwiyono, Proses Berpikir Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi SPLTV Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independentdan Field Dependent. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajaran, 2015. 2(1) 48-63

Published

2021-06-01