PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS HYBRID LEARNING UNTUK MENINGATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 6 AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v6i2.171Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis hybrid learning, untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII Bilingual SMP Negeri 6 Ambon. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan tahapan four-D model. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Kemudian produk pengembangan divalidasi dan dilanjutkan dengan uji coba produk untuk mengetahui keefektifan produk yang telah dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yakni produk yang berupa perangkat pembelajaran berkualifikasi valid dan layak untuk digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Bilingual yang diajarkan menggunakan materi sistem peradaran darah manusia. Kata Kunci: Pengembangan Media, Hybrid Learning, Hasil BelajarReferences
Daud, F. Dan A. Rahmadana. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis E-Learning pada Materi Ekskresi Kelas XI IPA 3 SMAN 4 Makasar. Jurnal Bionature. Volume 16 (1); 28-36.
Diki diki. 2013. Creativity for Learning Biology in Higher Education. Lux Journal. 3 (1);1-11.
Galvin, B. 2011. A Blended Learning Course Teaching Information Literacy For Substance Use Prevention Work. Journal of Information Literacy. 5 (1): 65-88.
Kekang, H. 2013. In The Hybrid Learning Basic Formed-Correctly Guiding Future Classroom Teaching’s Education Idea and teaching Concept. Workshop Proceedings in 6th International Conference on Hybrid Learning-ICHL. Halaman 61-72.
Kurniawati. 2011. Pengembangan Modul Pembelajaran Hybrid Learning pada Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas X dalam Materi Hidrokarbon. Bimafika, 3, 284-291.
Muslich, M. 2009. KTSP; Pembelajaran Berbasis Kompetesi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Pratiwi, E.H., H. Suwono, N. Handayani. 2012. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Hybrid Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Susilo, H. 2011. Blended Learning Untuk Menyiapkan Ssiwa Hidup Di Abad 21. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional 2011 Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning, Jurusan Biologi FMIPA UM, Malang, 13 November.
Suarsana dan Mahayukti. 2013. Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (2): 264-275.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.