Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Biologi
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v10i2.2194Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Latar belakang penelitian ini adalah pada saat proses pembelajaran peserta didik dalam menerima dan menyerap pembelajaran biologi lebih banyak diam dan enggan untuk berbicara apabila menemukan kesulitan dan kurang mengerti dengan penjelasan guru, apabila guru memberikan pertanyaan peserta didik ragu dalam menjawab pertanyaan, dan terkadang dalam proses pembelajaran peserta didik merasa malas, cepat bosan, cepat lelah dan kurang adanya perhatian sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil dan minat belajar biologi dengan penerapan model pembelajaran take and give pada peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7 Soppeng. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7 Soppeng tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 14 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Proses pembelajaran setiap pertemuan dirancang dengan menerapkan model pembelajaran take and give. Pada akhir siklus I yaitu pertemuan ke tiga dan akhir siklus II pertemuan ke enam dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar di ambil hasil evaluasi setiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar observasi minat peserta didik dan soal tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran take and give dapat meningkatkan hasil dan minat belajar biologi peserta didik pada kelas X MIPA 2 SMA Negeri 7 Soppeng.
References
Anggraini, Dian Septian. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Disertai Dengan Metode Gallery Of Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Biologi Di Sma N 3 Klaten. Skripsi Online. https://adoc.pub/skripsi-untuk-memenuhi-sebagian-persyaratan-mencapai-derajate470f57108baa4901546b2d71bea261514198.html. Yogyakarta.
Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hartami, Perwiraga. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Take and Give pada Materi Minyak Bumi di Kelas X MAN Sabang. Online. Jilid Vol. 2, No 2., https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1407/1026, Banda Aceh.
Khairani. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana Sudjana. 2015. Dasar-dasar proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.
Riastini.2017. Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar IPA Dengan Metode Pembelajaran Take And Give Pada Siswa Kelas X IPA SMA Manjung 2 Tahun 2012/2013. Skripsi, tidak diterbitkan. Surakarta.
Shoimin.2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran,Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suyatno.2017. Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Disertai Pemberian Reward Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP/MTS. Pendidikan Biologi,Vol 13, No 2. hal 95-100
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanti.2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol 2, No 2, hal 110-122.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.