PENERAPAN STRATEGI TEAM BUILDING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA KOSEP EKOSISTEM DI SMPN 2 BATANG SUL-SEL

Authors

  • Suhaedir Bachtiar SMP Negeri 2 Batang Jeneponto Sulawesi Selatan

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.375

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan yang dimulai pada bulan Oktober sampai November 2013. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan strategi Team Building dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains konsep ekosistem di Kelas VIII SMPN 2 Batang dengan subjek penelitian sebanyak 40 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi team building dapat meningkatkan hasil belajar materi ekosistem pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Batang. Berdasarkan data yang diperoleh yakni; pada siklus I, hasil tes akhir siklus menunjukkan 37,5%, siklus II 52,5% dan siklus III 75% siswa mencapai KKM. kata kunci : team building, hasil belajar

References

Budiningsi H. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Balai Pustaka. Jakarta.

Djamara, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Minarni. 2009. Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKn Model Pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas X MAN I Model kota Bengkulu. MAN I Model Bengkulu. Bengkulu.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosada Karya. Bandung.

Munthe, Bermawi. 2009. Desain Pembelajaran. PT Pustaka Insan Madani. Jogjakarta.

Pupuh dan M. Sobry, 2009. Strategi Belajar Mengajar. PT Rafika Aditama. Bandung.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian Rakyat. Jakarta.

Silberman dalam Silkia Puspita Kencana. 2010. Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know (Menggali Pikiran Yang Ingin Tahu) Dan True Or False (Benar Atau Salah) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X1 Man 1 Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Sudjana, Nana. 1996. Kurikulum di Sekolah. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Suryosubroto, D. 1990. Dasar-dasar Kependidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Usman, Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung

Published

2013-12-27