MANAJEMEN KELAS DI DALAM PENDIDIKAN

Authors

  • La Rajab IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.377

Abstract

Dalam menciptakan situasi yang baik belajar mengajar di kelas, ada lima elemen yang harus diperhatikan oleh guru atau sekolah yang bertindak sebagai penyelenggara belajar di sekolah atau kelas yaitu: kurikulum, bangunan dan fasilitas pendukung, guru, peserta didik dan dinamika kelas. Seorang guru kelas dalam melakukan berbagai upaya tugas sebagai seorang pendidik harus menyadari yang bahwa kepercayaan dari peserta didik harus diperhatikan dan seorang guru harus berhati-hati dalam melakukan proses pembelajaran karena peserta didik yang diajar nantinya akan menjadi tunas yang baik untuk agama, bangsa dan negara. Guru kelas dalam menyelenggarakan pengajaran di kelas tidak boleh diktator dan harus bertindak sebagai pemimpin yang demokratis kata kunci: manajemen kelas, pendidikan

References

Ahmadi, Abu. 1975. Didaktik Metodik; Untuk PGAA/SPG/KPG dan Yang Sederajat. CV. Toha Putra. Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran; Secara Manusiawi. Cet. II. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Aly, Hery Noer. 1999. Ilmu Pedidikan Islam. Cet. II. Logos Wacana Ilmu. Jakarta.

Dep. Agama RI. 1989. Al-Quran dan Terjemahnya. Yayasan Penyelenggara Peterjemah/Tafsir al-Quran. Jakarta.

Effendy, Mochtar. 1986. Manajemen; Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam. Bhirata Karya Aksara. Jakarta.

Hasibuan, Malayu. 1990. Manajemen Dasar; Pengertian dan Masalah. CV. Haji Masagung. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 1990. Perencanaan Pengajaran; Berdasarkan Pendekatan Sistem. Cet. I. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Jalaluddin. 2001. Teologi Pendidikan. Cet. I. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Nawawi, H. Hadari. 1985. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan KelasSebagai Lembaga Pendidikan. Cet. II. Gunung Agung. Jakarta.

Popham, W. James & Eva L. Baker. 2001. Establishing Instructional Gools and Systematic Instruction, diterjemahkan Amirul Hadi dengan judul Teknik Mengajar Secara Sistematis. Cet. II. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Rusyan, A. Tabrani, et. al. 1991. Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran. Cet. III. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Underwood, Mary. 2000. Effective Class Management. A Practical Approach, diterjemahkan Susi Purwoko dengan judul Pengelolaan Kelas yang Efektif. Suatu Pendekatan Praktis. Cet. I. Arcan. Jakarta.

Published

2013-12-27