TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Hajrawati Hajrawati STKIP-PI Pembangunan, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.378

Abstrak

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournament) pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Batara Gowa. Berdasarkan hasil tes akhir Siklus I dan II, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu 21,74%. kata kunci: tgt, hasil belajar

Referensi

Budiningsi H. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Balai Pustaka. Jakarta.

Djamara, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Minarni. 2009. Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKn Model Pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas X MAN I Model kota Bengkulu. MAN I Model Bengkulu. Bengkulu.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosada Karya. Bandung.

Munthe, Bermawi. 2009. Desain Pembelajaran. PT Pustaka Insan Madani. Jogjakarta.

Pupuh dan M. Sobry, 2009. Strategi Belajar Mengajar. PT Rafika Aditama. Bandung.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian Rakyat. Jakarta.

Silberman dalam Silkia Puspita Kencana. 2010. Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know (Menggali Pikiran Yang Ingin Tahu) Dan True Or False (Benar Atau Salah) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X1 Man 1 Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Sudjana, Nana. 1996. Kurikulum di Sekolah. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Suryosubroto, D. 1990. Dasar-dasar Kependidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Usman, Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung

Unduhan

Diterbitkan

2013-12-27