MODEL STAD (STUDIENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR COGNITIF SISWA

Penulis

  • Muhammad Rijal IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.379

Abstrak

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa “Ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada konsep sistem pernapasan di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 11 Ambon melalui penerapan model STAD (Studient Teams Achievement Devision) sebesar 66.4%”. Kata kunci: stad, cognitif, siswa

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Daras Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara. Jakarta.

---------. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya. Jakarta.

De Porter, Bobbi & Mike Hernacki. 2007. Quantum Lerning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Mizam Pustaka. Bandung.

Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-Dasar Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Achmad Zulfah & Juwono. 2003. Biologi Sel. Penerbit Buku Kedokteran. Jakarta.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Quantum Teaching. Jakarta

Sharan, Shlomo. 2009. Haanbook of Cooperatif Learning. Imperium. Yogyakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Slavin, Robert E.,. 2010. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktek. Nusa Media. Bandung.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Pustaka Setia. Bandung.

Sudjana, Nana.2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Familia. Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2013-12-27