KAJIAN EKOLOGIS SUNGAI ARBES AMBON MALUKU

Authors

  • Nirmala Fitria Firdaushi UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Muhammad Rijal IAIN AMBON

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v7i1.388

Abstract

Keanekaragaman jenis adalah keanekaragaman yang ditemukan di antara makhluk hidup yang berbeda jenis di dalam sebuah ekosistem, baik tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme. Ada beragam jenis ekosistem yang dapat dijumpai di bumi ini. Semua ekosistem tersebut akan membentuk satu kesatuan yang disebut dengan Biosfer. Salah satu ekosistem yang mudah untuk tercemari adalah ekosistem Sungai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kawasan DAS sungai Air Besar Batu Merah Ambon, ditemukan 5 spesies capung jarum yang tergolong dalam 3 family capung jarum (Zygoptera) dan total jumlah individu pada ketiga stasiun yaitu 51 individu. Berdasarkan hasil penelitian hanya ditemukan dua spesies gastropoda yaitu Pupina bilobata dan Ena Montana. Penghitungan nilai Familli Biotik Indeks hanya mencakup 4 familly yaitu Cordullidae, Gerridae, Hirudinidae, Tricoptera. Dimana hanya keempat family tersebut yang tergolong dalam makroinvertebrata indikator yang sensitif terhadap polutan. Nilai FBI menunjukkan kondisi perairan pada stasiun 1 tergolong sangat baik. Begitu pula dengan kondisi perairan pada stasiun II dimana nilai FBI diantara 0-3.75 yang berarti sangat baik. Kata Kunci: Keanekaragaman, Ekosistem, Sungai Arbes, FBI

References

Anonim. Metode Penelitian. (online, 17 september 2014)

Chay Asdak. 2010. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai.Yogyakarta: Gadjah Mada Universitity Press.

Leobis, dkk, dalam Herdina Putra, 2013, Komunitas Makrozoobenthos Di Sungai Batang Ombilin Sumatera Barat. (Skripsi).

Nela Ambarukmi, dkk, Identifikasi Makrobenthos Sebagai Bioindikator Pencemaran Air Di Daerah Aliran Air Sungai Bedadung. Hlm 3.

Rachmawati, 2011, Indeks Keanekaragaman Makrozoobenthos Sebagai Bioindikator Tingkat Pencemaran Di Muara Sungai Janeberang. Hlm 107.

Robert dan Soemadiharga, 1982. Shallow Marine Mollusca of North West Java Indonesia. LON-LIPI, Jakarta

Sri Suharmi Siwi. 1991. Kunci Determinasi Serangga. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Suryono, dalam Berrnadetha Yuswinda Ayu Septiani, dkk. Keanekaragaman Jenis Makrozoobenthos sebagai Penentu Kualitas Air sungai Mruwe Yogyakarta.

Watson dalam Silvy Olivia Hanum, Siti Salmah dan Dahelmi. 2013. Jenis-Jenis Capung (Odonata) di Kawasan Taman Satwa Kandi Kota Sawahlunto Sumatera Barat. Jurnal: Biologi Universitas Andalas 2013, hlm-1

Published

2018-05-20