PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 01 MANOKWARI

Penulis

  • Iwan Iwan Universitas Papua
  • Nurul Haya Universitas papua
  • Aksamina M Yohanita Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v7i1.390

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz terhadap hasil belajar kognitif peserta didik Materi Sistem Ekskresi kelas XI MIA di SMA Negeri 01 Manokwari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan menggunakan rancangan Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 01 Manokwari. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive Sampling. Sampel penelitian ini yaitu, kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA I sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif Team Quiz sedangkan kelas kontrol proses pembelajaran dengan cara konvensional. Teknik Pengumpulan data melalui tes hasil belajar kognitif dan bentuk soal pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 68,88 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah adalah 56,59. Dari hasil Uji t menunjukkan bahwa sig 2-tailed (0,00 < 0,025). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh atau perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik antara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dengan yang diajar melalui model pembelajarn konvensional. Kata Kunci: Team Quiz, Sistem Ekskresi

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasruddin. 2009 “Peran Multi Media Dalam Pembelajaran Biologi”. Jurnal Tabularasa, 06(02): 149-160.

Hidayah, R. 2009. “Pendekatan Struktural TPS dan NHT”. Tesis, Universitas Negeri Surabaya, Mardiyanto, Sigit, dan J.A Pramukanto. “Pengaruh Model Active Learning dengan Model Team Quiz Terhadap Hasil Belajar pada Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Mekanik Dasar Di SMK Negeri 5 Surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 01(03), 2014: 239-244.

Nisfianor, Muhammad. 2009. Pendekatan Statistic Modern. Salemba: Jakarta

Partiwi, W., Yamtinah, S., dan Redjeki, T. 2016: “Penerapan Metode Pembelajran Quiz Team Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Klearutan Di Kelas XI IPA2 SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Pendidikan kimia 1(5), 46-54.

Rumbekwan, Yanto, O. 2017. “Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Gerak Dan Hama Tumbuhan di Kelas VIII SMP Negeri 11 Manokwari” Skripsi, Universitas Papua Manokwari

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Komsep, Landasan dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Rencana,

Wulantika, Alyuni, Harlita dan Joko Arianto. Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Keaktifan Bertanya Pada Siswa SMA Negeri 1 Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 2011: 1-11.

Unduhan

Diterbitkan

2018-05-20