PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 01 MANOKWARI
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v7i1.390Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz terhadap hasil belajar kognitif peserta didik Materi Sistem Ekskresi kelas XI MIA di SMA Negeri 01 Manokwari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan menggunakan rancangan Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 01 Manokwari. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive Sampling. Sampel penelitian ini yaitu, kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA I sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif Team Quiz sedangkan kelas kontrol proses pembelajaran dengan cara konvensional. Teknik Pengumpulan data melalui tes hasil belajar kognitif dan bentuk soal pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 68,88 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah adalah 56,59. Dari hasil Uji t menunjukkan bahwa sig 2-tailed (0,00 < 0,025). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh atau perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik antara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dengan yang diajar melalui model pembelajarn konvensional. Kata Kunci: Team Quiz, Sistem EkskresiReferences
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasruddin. 2009 “Peran Multi Media Dalam Pembelajaran Biologi”. Jurnal Tabularasa, 06(02): 149-160.
Hidayah, R. 2009. “Pendekatan Struktural TPS dan NHT”. Tesis, Universitas Negeri Surabaya, Mardiyanto, Sigit, dan J.A Pramukanto. “Pengaruh Model Active Learning dengan Model Team Quiz Terhadap Hasil Belajar pada Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Mekanik Dasar Di SMK Negeri 5 Surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 01(03), 2014: 239-244.
Nisfianor, Muhammad. 2009. Pendekatan Statistic Modern. Salemba: Jakarta
Partiwi, W., Yamtinah, S., dan Redjeki, T. 2016: “Penerapan Metode Pembelajran Quiz Team Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Klearutan Di Kelas XI IPA2 SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015”. Jurnal Pendidikan kimia 1(5), 46-54.
Rumbekwan, Yanto, O. 2017. “Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Gerak Dan Hama Tumbuhan di Kelas VIII SMP Negeri 11 Manokwari” Skripsi, Universitas Papua Manokwari
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Komsep, Landasan dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Rencana,
Wulantika, Alyuni, Harlita dan Joko Arianto. Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Keaktifan Bertanya Pada Siswa SMA Negeri 1 Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 2011: 1-11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.