PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN COOPERATIVE SCRIPT (CS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA DI UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDIRA KUPANG TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Authors

  • Florentina Y Sepe Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maria Novita Inya Buku Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v7i1.420

Abstract

Abstrak: Permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan saat ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Berbagai penelitian telah dilakukan pada bebagai jenjang pendidikan untuk mengatasi hasil belajar yang rendah melalui penerapan berbagai model pembelajaran dan terbukti bahwa penerapan berbagai model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasy eksperimental design). Rancangan penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Cooperative Script (CS) terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah anatomi fisiologi manusia di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Tahun Akademik 2016/2017. Tidak ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Cooperative Script (CS) terhadap motivasi mahasiswa pada mata kuliah anatomi fisiologi manusia di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Tahun Akademik 2016/2017 Kata Kunci: PBL, CS, keterampilan berpikir kiritis, motivasi, hasil belajar

Author Biographies

Florentina Y Sepe, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Dear Editor

Maria Novita Inya Buku, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Thanking

References

Buku, M. N. I. 2016. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis dengan Karakter Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Bart, WM. 2010. The Measurement and Teaching of Critical Thinking Skills. Educational Testing Research Center report 16th Study Group. (Online) (https://www.cret.or.jp/files/54685af43d68da92ec9864b1515d6fde.pdf), diakses tanggal 20 Desember 2016.

Corebima, A. D. 2016. Pembelajaran Biologi untuk Hidup. Makalah Utama disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan di STKIP PGRI Banjarmasin, Tanggal 4 Mei 2016.

Graaff de E., & Kolmos, A. 2003. Characteristics of Problem-Based Learning. International Journal of Engineering Education, (Online), 19 (5): 657-662, (http://www.ijee.ie/articles/Vol19-5/IJEE1450.pdf), diakses 8 Desember 2016.

Halpern. F. D. 2014. Thought And Knowledge: An Introduction to Critical Thinking. New York: Psychology Press.

Ibrilusiyanti, N., Prihandono, T., Maryani. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script dengan Metode Praktikum Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Fisika Kelas VIII DI MTs. Jurnal Pendidikan Fisika, 2 (3) : 293 – 299.

Lakonawa, P., Benawa, A., Bali, M. M. 2014. Pengaruh Kemampuan Dosen dalam Mengelola Kelas dan Model Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Binus University. HUMANIORA. 5 (1) : 316-323.

Maryati. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X dan XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Artikel Publikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Murni, A. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Student Centered Learning Terhadap Hasil Belajar dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervering. Jurnal Ilmu Pendidikan. 8 (3): 203-297.

Nurhadi, S. A. G. 2009. Pembelajaran Konteksual. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Nursyamsi., Duran A., & Susilo, H. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek 2016 Isu-Isu Kontemporer Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajarannya (ISSN: 2557-533X). 617-623.

Oktaviansa, W. A & Yunus. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Volume 2 (1): 34 – 43.

Retnosari, N., Susilo, H., & Suwono, H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. 1 (8) : 1529-1535.

Sumarno, Handayani, S., & Triyoto. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA SD di Kabupaten Blora. Laporan Penelitian Dosen. Universitas Terbuka Semarang.

Susiloyoga, J. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menentukan Peluang Suatu Kejadian dengan Model Pembelajaran Kooperative Script pada Siswa Kelas IX-IPA 3 SMA Negeri 2 Madiun. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 39-62.

Syarif, I. 2012. Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (2):234-249.

Veenman, M. V. J., Bernadette H. A. M., Hout-Wolters, V., & Afflerbach, P. 2006. Metacognition and learning: conceptual and methodological considerations. Metacognition Learning. 1: 3–14.

Widiyowati, I. I. 2014. Inovasi Program Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Konstekstual pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Prosiding Seminar Nasional Kimia 2014 HKI-Kaltim. ISBN: 978-602-19421-0-9.

Published

2018-05-20