KARTU INDEKS DAN SOAL-SOAL TERSTRUKTUR BERBASIS (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) ICT TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Dian Safitri UNISMUH Makassar
  • Suaedir Bachtiar SMPN 2 Batang Jeneponto SUL_SEL

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v5i1.481

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu indeks dan soal terstruktur berbasis ICT terhadap hasil belajar. Penelitian eksperimen semu dengan desain Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 17 Makassar. Besarnya sampel ditetapkan sebanyak 56 responden. Penentuan sampel yaitu secara acak kelas. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan kartu indeks dan soal-soal terstruktur berbasis ICT terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Ict, Kartu Indeks, Hasil Belajar.

References

Depdikbud. 1993. Metode Penelitian Akta V. Depdikbud. Jakarta.

Djamarah, S. B, dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 1994. Multimedia Pendidikan. PT.Citra Aditya Bakti. Bandung.

Idowu B, Ogunbodede E, dan Idowu B. 2003. Information and Communication Technology in Nigeria The Helath Sector Experience. Journal of Informatin Technology Impact. Vol 3, No. 2 (69-76).

Jackson, M. 2005. The Impact of ICT on the Development of Information Literacy. Journal of eLiteracy. Vol 2 (15-26).

Poerwadarminta, W.J.S. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai pustaka Jakarta

Sadiman, A.m 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sidin, R. Dan Mohammad S.N. 2007. ICT Dalam Pendidikan: Prospek dan Gambaran dalam Pembaharuan. Jurnal Pendidikan (139-152).

Slameto 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Reneka cipta Jakarta.

Sudjana, Nama, dan Rivai, Ahmatd 1997. Multi media Pembelajaran. Sinar Baru. Bandung.

Published

2016-06-07