PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN 1 YPK MALANG

Authors

  • Riyanto Riyanto IKIP BUDI UTOMO
  • Yulianus Ndapa Ate IKIP Budi Utomo

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v5i1.482

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Kristen 1 YPK Malang pada pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus merupakan suatu alur proses kegiatan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIIB SMP Kristen 1 YPK Malang. Penerapan model pembelajaran tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Kristen 1 YPK Malang pada pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia. Peningkatan ini ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar klasikal dari siklus ke siklus, di mana persentase jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I hanya mencapai 66%, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 78% siswa tuntas belajar dan telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal minimum 75%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Pada Manusia, Tebak Kata

References

Arifin. 2010. Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Lilin Persada Press. Yogyakarta.

Chatarina, Tri Anni. 2007. Psikologi Belajar. UNNES Press. Semarang.

Darsono, M; A. Sugandhi; Martensi, Dj.; R. K. Sutadi & Nugroho. 2000. Belajar dan Pembelajaran. IKIP Semarang Press. Semarang.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pedoman Analisis Hasil Evaluasi Belajar. Jakarta.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta:

Kurniastuti. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Melalui Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri I Doro Kabupaten Pekalongan TP. 2004/2005. Skripsi. MIPA UNNES. Semarang:

Maslihah, Siti. 2011. Studi Komparasi Model Think Pair and Share (TPS) dan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Materi Sejarah Di SMP Negeri 5 Kudus Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. UNNES. Semarang.

Sudjana, Nana. 2001. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. CV. Sinar Baru. Bandung.

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Bumi Agensindo. Bandung

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka belajar. Yogyakarta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Widodo, Wiwid. 2009. Model Pembelajaran Tebak Kata. http://wyw1d.wordpress. com.2009/11/14/model-pembelajaarn-tebak-kata.htm.l (Online) diakses 21/1/2012

Published

2016-06-07