PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA PADA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN 1 YPK MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v5i1.482Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Kristen 1 YPK Malang pada pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus merupakan suatu alur proses kegiatan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIIB SMP Kristen 1 YPK Malang. Penerapan model pembelajaran tebak kata dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Kristen 1 YPK Malang pada pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia. Peningkatan ini ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar klasikal dari siklus ke siklus, di mana persentase jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I hanya mencapai 66%, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 78% siswa tuntas belajar dan telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal minimum 75%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Pada Manusia, Tebak KataReferences
Arifin. 2010. Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Lilin Persada Press. Yogyakarta.
Chatarina, Tri Anni. 2007. Psikologi Belajar. UNNES Press. Semarang.
Darsono, M; A. Sugandhi; Martensi, Dj.; R. K. Sutadi & Nugroho. 2000. Belajar dan Pembelajaran. IKIP Semarang Press. Semarang.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pedoman Analisis Hasil Evaluasi Belajar. Jakarta.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta:
Kurniastuti. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Melalui Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri I Doro Kabupaten Pekalongan TP. 2004/2005. Skripsi. MIPA UNNES. Semarang:
Maslihah, Siti. 2011. Studi Komparasi Model Think Pair and Share (TPS) dan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Materi Sejarah Di SMP Negeri 5 Kudus Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. UNNES. Semarang.
Sudjana, Nana. 2001. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. CV. Sinar Baru. Bandung.
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Bumi Agensindo. Bandung
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka belajar. Yogyakarta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Widodo, Wiwid. 2009. Model Pembelajaran Tebak Kata. http://wyw1d.wordpress. com.2009/11/14/model-pembelajaarn-tebak-kata.htm.l (Online) diakses 21/1/2012
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.