PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI (Sebuah Kajian Kurikulum)

Authors

  • Kapraja Sangadji PPS UNJ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v5i1.483

Abstract

Pengembangan dan Implementasi pendidikan multikultur pada pendidikan tinggi, dapat dikemas ke dalam muatan kurikulum seperti pendidikan kewargaanegaraan, prinsip-prinsip pendidikan multikultural, landasan pendidikan mutikultural dan pendidikan keberagamaan dilakukan serta dapat dilakukan melalui hidden kurikulum atau sentuhan dalam konteks pembinaan akhlak mulia, memiliki intensitas untuk membina dan mengembangkan kerukunan hidup antar umat beragama. Olehnya itu, pendidikan multikultural ini bisa dimasukkan sebagai kurikulum perguruan tinggi ke dalam berbagai mata kuliah. Walaupun dalam format kurikulum pendidikan tinggi belum menjadi suatu kurikulum dengan sejumlah mata kuliahnya yang berdiri sendiri. Kata Kunci : Pendidikan Multikultural, Kurikulum

References

Azumardi Azra. 2004. Pendidikan Multikultural (Membangun Kembali Indonesia Bhineka Tunggal lka). http: www. Republika.co.id/kolom detailasp 2004.

Choirul Mahfud. 2009. Pendidikan Multikultural. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Malik Fajar. 1998. Visi Pembaruan Pendidikan Islam. LP3NI. Jakarta.

Fanani, Fuad A. 2004. Islam Mazhab Kritis: Menggagas Keberagamaan Liberati. Kompas Gramedia. Jakarta.

Hasan, Hamid S. 2000. Multikulturalisme Untuk Penyempurnaan Kurikulum Nasional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.026,No. 6.

-----------. 2007. Pengembangan Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan. Jurnal Inovasi Kurikulum Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia. Vol. 1.No. 1.

Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi. 2008. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. A-Ruzz Media. Jogjakarta.

Wina Sanjaya. 2006. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kencana, Prenada Media Group. Jakarta.

-----------.2010. Kurikulum dan Pembelajaran (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidika), Kencana, Prenada Media Group. Jakarta.

Published

2016-06-07