PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI (Sebuah Kajian Kurikulum)
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v5i1.483Abstract
Pengembangan dan Implementasi pendidikan multikultur pada pendidikan tinggi, dapat dikemas ke dalam muatan kurikulum seperti pendidikan kewargaanegaraan, prinsip-prinsip pendidikan multikultural, landasan pendidikan mutikultural dan pendidikan keberagamaan dilakukan serta dapat dilakukan melalui hidden kurikulum atau sentuhan dalam konteks pembinaan akhlak mulia, memiliki intensitas untuk membina dan mengembangkan kerukunan hidup antar umat beragama. Olehnya itu, pendidikan multikultural ini bisa dimasukkan sebagai kurikulum perguruan tinggi ke dalam berbagai mata kuliah. Walaupun dalam format kurikulum pendidikan tinggi belum menjadi suatu kurikulum dengan sejumlah mata kuliahnya yang berdiri sendiri. Kata Kunci : Pendidikan Multikultural, KurikulumReferences
Azumardi Azra. 2004. Pendidikan Multikultural (Membangun Kembali Indonesia Bhineka Tunggal lka). http: www. Republika.co.id/kolom detailasp 2004.
Choirul Mahfud. 2009. Pendidikan Multikultural. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Malik Fajar. 1998. Visi Pembaruan Pendidikan Islam. LP3NI. Jakarta.
Fanani, Fuad A. 2004. Islam Mazhab Kritis: Menggagas Keberagamaan Liberati. Kompas Gramedia. Jakarta.
Hasan, Hamid S. 2000. Multikulturalisme Untuk Penyempurnaan Kurikulum Nasional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.026,No. 6.
-----------. 2007. Pengembangan Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan. Jurnal Inovasi Kurikulum Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia. Vol. 1.No. 1.
Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi. 2008. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. A-Ruzz Media. Jogjakarta.
Wina Sanjaya. 2006. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kencana, Prenada Media Group. Jakarta.
-----------.2010. Kurikulum dan Pembelajaran (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidika), Kencana, Prenada Media Group. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.