KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMPN 16 MANDAI KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v5i1.486Abstract
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar model STAD dengan pendekatan KPS berada pada kategori aktif; aktivitas belajar model STAD dengan pendekatan CTL berada pada kategori cukup aktif; kemampuan berpikir kritis model STAD dengan pendekatan KPS berada pada kategori tinggi; kemampuan berpikir kritis model STAD dengan pendekatan CTL pada kategori sedang; ada perbedaan yang signifikan aktivitas belajar model STAD dengan pendekatan KPS dan model STAD dengan pendekatan CTL dan ada perbedaan kemampuan berpikir kritis model STAD dengan pendekatan KPS dan model STAD dengan pendekatan CTL peserta didik di SMPN 16 Mandai Kabupaten Maros. Kata Kunci: Stad, Kps, Ctl, Aktivitas, Kemampuan Berpikir KritisReferences
Depdikbud. 1993. Metode Penelitian Akta V. Depdikbud. Jakarta.
Djamarah, S. B, dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Hamalik, Oemar. 1994. Multimedia Pendidikan. PT.Citra Aditya Bakti. Bandung.
Idowu B, Ogunbodede E, dan Idowu B. 2003. Information and Communication Technology in Nigeria The Helath Sector Experience. Journal of Informatin Technology Impact. Vol 3, No. 2 (69-76).
Jackson, M. 2005. The Impact of ICT on the Development of Information Literacy. Journal of eLiteracy. Vol 2 (15-26).
Poerwadarminta, W.J.S. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai pustaka Jakarta
Sadiman, A.m 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sidin, R. Dan Mohammad S.N. 2007. ICT Dalam Pendidikan: Prospek dan Gambaran dalam Pembaharuan. Jurnal Pendidikan (139-152).
Slameto 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Reneka cipta Jakarta.
Sudjana, Nama, dan Rivai, Ahmatd 1997. Multi media Pembelajaran. Sinar Baru. Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.