UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENERAPKAN METODE BOWLING KAMPUS PADA SISWA KELAS VIIIb DI SMP AISYIYAH MUHAMMADIYAH 3 MALANG

Authors

  • Riyanto Riyanto IKIP BUDI UTOMO

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v5i2.489

Abstract

Hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran active learning tipe bowling kampus yang diterapkan pada siswa kelasVIIIb di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang pada mata pelajaran Biologi, dengan sub pokok bahasan sistem ekskresi, dapat menigkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif ditandai dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 50 % dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang dan meningkat pada siklus II sebesar 96 % dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 orang, jadi peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif siswa dari siklus I dan siklus II sangat meningkat dan penelitian dengan metode bowling kampus ini dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci: Metode Bowling Kampus, Hasil Belajar

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Rineka Cipta. Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta

Melvin. 2014. Active learning Edisi Revisi. PT Nuansa Cendekia. Bandung

Omar Hamalik. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakraya Bandung.

Omar Hamalik. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara. Jakarta.

Rusfidra, S. Pt, Arianto. 2008. Pengertian Belajar. Universitas Terbuka. Jakarta

Sardiman A.M,. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan ke-21. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Allyn & Balcon. Massachusetts

Slavin, R. E. 2002. Cooperaive Laearning (Teori, Riset dan Praktik). Cetakan ke-III. Nusa Media. Bandung.

Sudijana N. 2006. Penelitian Hasil Proses Belajar. PT Rosdakarya. Bandung.

Sugiyono. 2007. Pedoman Analisis Data. Sinar Abadi. Jakarta

Susanto, P. 2002. Perbaikan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pembelajaran Berbasis Kontekstual. Makalah disajikan dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Biologi SLTP kota Malang di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang

Tirtarahardja. 2005. Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovativ Progresif. Kencana. Jakarta

Published

2016-12-07