UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENERAPKAN METODE BOWLING KAMPUS PADA SISWA KELAS VIIIb DI SMP AISYIYAH MUHAMMADIYAH 3 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v5i2.489Abstract
Hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran active learning tipe bowling kampus yang diterapkan pada siswa kelasVIIIb di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang pada mata pelajaran Biologi, dengan sub pokok bahasan sistem ekskresi, dapat menigkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif ditandai dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 50 % dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang dan meningkat pada siklus II sebesar 96 % dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 orang, jadi peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif siswa dari siklus I dan siklus II sangat meningkat dan penelitian dengan metode bowling kampus ini dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci: Metode Bowling Kampus, Hasil BelajarReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Rineka Cipta. Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta
Melvin. 2014. Active learning Edisi Revisi. PT Nuansa Cendekia. Bandung
Omar Hamalik. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakraya Bandung.
Omar Hamalik. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara. Jakarta.
Rusfidra, S. Pt, Arianto. 2008. Pengertian Belajar. Universitas Terbuka. Jakarta
Sardiman A.M,. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan ke-21. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Allyn & Balcon. Massachusetts
Slavin, R. E. 2002. Cooperaive Laearning (Teori, Riset dan Praktik). Cetakan ke-III. Nusa Media. Bandung.
Sudijana N. 2006. Penelitian Hasil Proses Belajar. PT Rosdakarya. Bandung.
Sugiyono. 2007. Pedoman Analisis Data. Sinar Abadi. Jakarta
Susanto, P. 2002. Perbaikan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pembelajaran Berbasis Kontekstual. Makalah disajikan dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Biologi SLTP kota Malang di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang
Tirtarahardja. 2005. Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovativ Progresif. Kencana. Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.