AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA SEMESTER IV KELAS A JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DI IAIN AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.505Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Semester IV Kelas A Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon pada tahun akademik 2013-2014 dengan jumlah 40 orang terdiri dari 10 mahasiswa laki-laki dan 30mahasiswa perempuan. Siklus I diperoleh skor rata-rata kemampuan pengajuan dan pemecahan masalah siswa masing-masing sebesar 37,27 dan Siklus II diperoleh skor rata-rata 59,52. Secara kuantitatif kemampuan pengajuan masalah pada Siklus I berada pada kategori rendah dan meningkat menjadi kategori sedang pada Siklus II. Sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dari kategori rendah ke kategori sedang pada siklus II. Kata Kunci: aktivitas belajar, Problem PosingReferences
Ali, Muhammad. 1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung
Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran secara Manusiawi. Rineka Cipta. Jakarta
Djadir & Nurdin. 2001. Problem Posing dalam Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat. UNM Makassar.
Sardiman. AM. 2000. Interaksi dan motivasi Belajar Menegajar. Raja Grafindo. Jakarta
Sitti, Fitriani. 2004. Pendekatan Problem Posing Berlatar Pembelajaran Kooperatif. Makalah (Disajikan dalam Seminar Ilmiah Mahasiswa yang dilaksanakan oleh Pengelola Seminar Ilmiah Jurusan Matematika. UNM Makassar)
Slameto. 2001. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara. Jakartan
Soedjadi, R. 2000. Kiat pendidikan Matematika di Indonesia. Depdiknas. Jakarta
Sutiarso, S. 2000. Problem Posing: Strategi efektif meningkatkan aktivitas siswadalam pembelajaran matematika. Di dalam S. Adji dan J. Naiborhu MIHMI. Himpunan Matematika Indonesia. Bandung
Upu, Hamzah. 2003. Problem posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Pustaka Ramadhan. Bandung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.