AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA SEMESTER IV KELAS A JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DI IAIN AMBON

Authors

  • Ajeng Gelora Mastutik IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.505

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Semester IV Kelas A Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Ambon pada tahun akademik 2013-2014 dengan jumlah 40 orang terdiri dari 10 mahasiswa laki-laki dan 30mahasiswa perempuan. Siklus I diperoleh skor rata-rata kemampuan pengajuan dan pemecahan masalah siswa masing-masing sebesar 37,27 dan Siklus II diperoleh skor rata-rata 59,52. Secara kuantitatif kemampuan pengajuan masalah pada Siklus I berada pada kategori rendah dan meningkat menjadi kategori sedang pada Siklus II. Sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dari kategori rendah ke kategori sedang pada siklus II. Kata Kunci: aktivitas belajar, Problem Posing

References

Ali, Muhammad. 1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung

Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran secara Manusiawi. Rineka Cipta. Jakarta

Djadir & Nurdin. 2001. Problem Posing dalam Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat. UNM Makassar.

Sardiman. AM. 2000. Interaksi dan motivasi Belajar Menegajar. Raja Grafindo. Jakarta

Sitti, Fitriani. 2004. Pendekatan Problem Posing Berlatar Pembelajaran Kooperatif. Makalah (Disajikan dalam Seminar Ilmiah Mahasiswa yang dilaksanakan oleh Pengelola Seminar Ilmiah Jurusan Matematika. UNM Makassar)

Slameto. 2001. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara. Jakartan

Soedjadi, R. 2000. Kiat pendidikan Matematika di Indonesia. Depdiknas. Jakarta

Sutiarso, S. 2000. Problem Posing: Strategi efektif meningkatkan aktivitas siswadalam pembelajaran matematika. Di dalam S. Adji dan J. Naiborhu MIHMI. Himpunan Matematika Indonesia. Bandung

Upu, Hamzah. 2003. Problem posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Pustaka Ramadhan. Bandung

Published

2014-06-17