PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • La Adu IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.511

Abstract

Membangun karakter adalah kebutuhan yang sangat penting di Indonesia, secara khusus dalam meningkatkan karakter anak muda sebagai penerus bangsa. Pendidikan karakter dalam perspektif islam memiliki kesamaan dengan pendidikan moral. Sebagai kitab suci qur 'an menjadi dasar islam di semua bidang kehidupan termasuk pada masalah moral; Allah berfirman, yang berarti “dan sesungguhnya engkau (muhammad ) memiliki karakter yang mulia“. Karena hal itu, dapat disimpulkan bahwa nabi muhammad, dikirim ke bumi tidak lain untuk memperbaiki karakter semua manusia. Dengan demikian, karakter pendidikan menurut sudut pandang islam diperlukan, terutama di lembaga pendidikan islam. Maka, dari berbagai masalah-masalah yang berkaitan dengan moralitas, lembaga pendidikan islam yang idealnya mampu mewujudkan pendidikan karakter dalam perspektif islam dalam bentuk kejujuran, rasa tanggung jawab, peningkatan intelijen dengan memperhatikan kesehatan dan kebersihan, serta kesadaran dan kreativitas. Kata kunci: pendidikan karakter, sudut pandang islam

References

Al-Ghazali. 2005. Ihya’‘UlumAl-Din III, Beirut: Dar Al-Fikr. Amin, Ahmad. Al-Akhlaq, Al-Amiriyah. Kairo.

Amri, Sofan. dkk. 2011. ImplementasiPendidikan Karakter dalam Pembelajaran: Strategi Analisis dan Pengembangan Karater Peserta didik dalam Proses Pembelajaran. PT. Prestasi Pustakaraya. Jakarta

Assegaf, Abd. Rachman. 2011. Fislsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Burhanudin, Tamyiz. 2001. Akhlak Pesantren: Solusi bagi Kerusakan Akhla. Ittaqa Press. Yogyakarta

Djatnika, Rahmad. 2002. Sistem Etika Islam Akhlak Mulia. Pustaka Panjimas. Jakarta

Fatihuddin dan Abul Yasin. 2007. Himpunan Hadist Teladan Sohih Muslim. Terbit Terang. Surabaya

Harahap, Syahrin. 2005. Penegakan Moral Akademik di Dalam dan Luar Kampus. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta:

Hersh, R.H. Miller J.P. dan Fielding, G.D. 2000. Model of Moral Education: An Appraisal. Longman, Inc. New York.

Ibn Maskawaih, Tahdib al-Akhlaq wa Tathir al-‘Araq,Mesir: tp.

Mahmud, Adnan. 2005. Pemikiran Islam Kontemporer di Indonesia. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Majid, Abdul dan Dian Andayan. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. PT Rosda Karya. Bandung

Mu‟in, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik & Praktik Urgensi Pendidikan Pregresif dan Revitalisasi Peran Guru dan Orang tua. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta

Munawwir, Ahmad Warson. 2007. Kamus al-Munawwir Kamus Arab Indonesia. Pustaka Progresip. Surabaya

Muslich, Mansur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multi dimensional. Bumi Aksara. Jakarta

Rest, J.R. 2002. Komponen-Komponen Utama Moralitas. Dalam Kurtines, W. M. & Gerwitz, J.L. (Ed.), Moralitas, Perilaku Moral, dan Perkembangan Moral, (Terj.) Soelaeman, M.A. & Dahlan, M.D. Universitas Indonesia. Jakarta

Thalib, Ismail. 2004. Risalah Akhlak. Bina Usaha. Yogyakarta

Published

2014-06-17