MODEL CIPP UNTUK EVALUASI PENGEMBANGAN KTSP PADA JENJANG PENDIDIKAN PERSEKOLAHAN (Sebuah Kajian Teoritik )
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.512Abstract
Sejarah pendidikan kita di Indonesia mencatat bahwa kurikulum yang diberlakukan adalah kurikulum terpusat. Namun era otonomi saat ini memberikan kewenangan berbeda yaitu kurikulum harus dikembangkan oleh sekolah atau yang lebih dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dimana saat sekarang Sekolah harus melengkapi beberapa komponen kurikulumnya sendiri. Dengan kurikulum seperti ini diharapkan terbangunnya suatu kemandirian dan profesionalisme di tingkat persekolahan. Ditilik lebih lanjut, bahwa perbedan prosedur dan proses pengembangan KTSP dalam mengembangkan kurikulum ini, sesuai dengan pandangan yang dikemukakan oleh Hamid (2008) yaitu, “perbedaan ini bukan disebabkan oleh penerapan model kurikulum berbasis kompetesi tetapi lebih disebabkan penggunaan pendekatan standar dalam pendidikan dan oleh kewenangan satuan pendidikan dalam pengembangan KTSP”. Dengan asumsi ini, seyogyanya penting dilakukan suatu evaluasi terhadap permasalahan yang terkait dengan bagaimana para pengembang KTSP ditingkat persekolah dapat memahami ide pengembangan kurikulum yaitu apakah pokok-pokok pikiran yang dimaksudkan dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SI) dan beberapa ketentuan pengembangan KTSP. Model evaluasi CIPP dimungkinkan dapat digunakan untuk kepentingan ini. Kata Kunci: KTSP, evaluasi, model CIPPReferences
Agus Wahyudi. Anomali Pendidikan. Tersedia (oline): http://www.unisosdem.org/kliping_detail.php?aid=7126&coid=1&caid=52
Bernadette Robinson (2002). The CIPP Approach to Evaluation. Tersedia: (online) http://hub.col.org2002/collit/att-0073/01-The CIPP-approach.doc
Daniel L. Stufflebeam (1971). The Relevance of the CIPP Evaluation Model for Educational Accountability.http://eric.ed.gov/ERICDocs/data/ericdocs2sql/content storage01/0000019b/80/3b/1a/ef/.pdf.
Daniel L. Stufflebeam, et.al., (2003). The CIPP Model for Evaluation. Tersedia: (online) http://www.wmich.edu/evalctr/pubs/CIPP-ModelOregon10-03.pdf+author:Stufflebeam+intitle:The+CIPP+model+for+evaluation
http://www.docstoc.com/docs/2997546/Bahan-Cetak-POLA-PEMBINAAN-IMPLEMENTASI-KTSP
Hasan Hamid 2008. Evaluasi Kurikulum. PT Remaja Rosda Karya. Bandung
Hasan Hamid 2008. Evaluasi Pengembangan KTSP: Suatu Kajian Konseptual. Makalah pada Seminar Internasional Dan Lokakarya, SPs-PK UPI Bandung
Hermana 2008. Evaluasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Makalah pada Seminar Internasional dan Lokakarya, SPs-PK UPI Bandung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.