QUANTUM LEARNING DALAM KAJIAN MATEMATIKA SMA PADA MAHASISWA SEMESTER IV PENDIDIKAN MATEMATIKA IAIN AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.513Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi kuliah kajian matematika SMA pada mahasiswa semester IV Pendidikan Matematika IAIN Ambon melalui penerapan Quantum Learning. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara kualitatif, terjadi beberapa perubahan. Mahasiswa menunjukkan sikap antusias untuk mengikuti pembelajaran, serta minat dan motivasi belajar kajian matematika SMA mengalami peningkatan. Sedangkan secara kuantitatif, terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar mahasiswa yaitu pada siklus I sebesar 7,18 dengan standar deviasi 1,09 menjadi sebesar 8,17 dengan standar deviasi 0,91 pada siklus II. Hal tersebut berarti terjadi peningkatan pemahaman kajian matematika SMA mahasiswa semester IV Pendidikan Matematika IAIN Ambon dengan menerapkan Quantum Learning. Kata kunci: quantum learning, matematika SMAReferences
Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
Deporter, Bobbi. Mark R. & Sarah Singer-Nourie. 2003. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Kaifa. Bandung
Deporter, Bobbi & Mike H. 2002. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa. Bandung
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandungg
Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Prenada Media. Jakarta
Sugiyono. 1999. Statistika untuk Penelitian. CV. Alfabeta. Bandung
Suherman. H, Erman. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA. Universitas Pendidikan Indonesia
Tim Pelatih Lemlit UNM. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. Makassar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.