QUANTUM LEARNING DALAM KAJIAN MATEMATIKA SMA PADA MAHASISWA SEMESTER IV PENDIDIKAN MATEMATIKA IAIN AMBON

Authors

  • Abdillah Abdillah IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v3i1.513

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi kuliah kajian matematika SMA pada mahasiswa semester IV Pendidikan Matematika IAIN Ambon melalui penerapan Quantum Learning. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara kualitatif, terjadi beberapa perubahan. Mahasiswa menunjukkan sikap antusias untuk mengikuti pembelajaran, serta minat dan motivasi belajar kajian matematika SMA mengalami peningkatan. Sedangkan secara kuantitatif, terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar mahasiswa yaitu pada siklus I sebesar 7,18 dengan standar deviasi 1,09 menjadi sebesar 8,17 dengan standar deviasi 0,91 pada siklus II. Hal tersebut berarti terjadi peningkatan pemahaman kajian matematika SMA mahasiswa semester IV Pendidikan Matematika IAIN Ambon dengan menerapkan Quantum Learning. Kata kunci: quantum learning, matematika SMA

References

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Deporter, Bobbi. Mark R. & Sarah Singer-Nourie. 2003. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Kaifa. Bandung

Deporter, Bobbi & Mike H. 2002. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa. Bandung

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandungg

Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Prenada Media. Jakarta

Sugiyono. 1999. Statistika untuk Penelitian. CV. Alfabeta. Bandung

Suherman. H, Erman. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA. Universitas Pendidikan Indonesia

Tim Pelatih Lemlit UNM. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. Makassar

Published

2014-06-17