FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Suatu Analisis Filosofis Pemikiran Pendidikan Islam)

Authors

  • La Rajab IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.514

Abstract

Filsafat pendidikan studi islam merupakan esensi untuk hidup dan kehidupan bagi manusia di mana orang yang lahir telah memiliki potensi diri yang harus dikembangkan berupa akarakter yang merupakan anugerah dari Allah SWT (Asthma al-Husna) dan dalam mengembangkan karakter tersebut diperlukan kekuatan untuk hidup hidup. Filsafat pendidikan islam dalam suatu analisis suatu masalah akan selalu hadir dalam memberikan informasi tentang pendidikan dan proses islam dengan maksud dan tujuan adalah mencapai kondisi yang ideal. Filsafat pendidikan islam pada kenyataannya menuju untuk dua arah, yaitu menuju perluasan konsep-konsep filosofis dari pendidikan islam yang secara otomatis akan menghasilkan teori baru dalam pendidikan ilmu islam dan menuju perbaikkan serta pembaruan dari praktek dalam pelaksanaan pendidikan islam. Kata kunci: pendidikan, philosophi, islam

References

Arifin, H.M. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. V. Bumi Aksara. Jakarta

Azra, Azyumardi. 1999. Esei-Esei Intelektual Muslim & Pendidikan Islam. Cet. I. Logos Wacana Ilmu. Jakarta

Jalaluddin H., dan Abdullah Idi. 2012. Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Cet. II. PT. Raja Grafindo. Jakarta

Langgulung, Hasan. 2000. Asas-Asas Pendidikan Islam. Cet. I. PT. Al-Husna Zikra. Jakarta

Nata, Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam Cet. I. Logos Wacana Ilmu. Jakarta

Zuhairini, dkk. 1995. Filsafat Pendidikan Islam Cet. II. Bumi Aksarra. Jakarta

Published

2014-12-07