FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Suatu Analisis Filosofis Pemikiran Pendidikan Islam)
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.514Abstract
Filsafat pendidikan studi islam merupakan esensi untuk hidup dan kehidupan bagi manusia di mana orang yang lahir telah memiliki potensi diri yang harus dikembangkan berupa akarakter yang merupakan anugerah dari Allah SWT (Asthma al-Husna) dan dalam mengembangkan karakter tersebut diperlukan kekuatan untuk hidup hidup. Filsafat pendidikan islam dalam suatu analisis suatu masalah akan selalu hadir dalam memberikan informasi tentang pendidikan dan proses islam dengan maksud dan tujuan adalah mencapai kondisi yang ideal. Filsafat pendidikan islam pada kenyataannya menuju untuk dua arah, yaitu menuju perluasan konsep-konsep filosofis dari pendidikan islam yang secara otomatis akan menghasilkan teori baru dalam pendidikan ilmu islam dan menuju perbaikkan serta pembaruan dari praktek dalam pelaksanaan pendidikan islam. Kata kunci: pendidikan, philosophi, islamReferences
Arifin, H.M. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. V. Bumi Aksara. Jakarta
Azra, Azyumardi. 1999. Esei-Esei Intelektual Muslim & Pendidikan Islam. Cet. I. Logos Wacana Ilmu. Jakarta
Jalaluddin H., dan Abdullah Idi. 2012. Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Cet. II. PT. Raja Grafindo. Jakarta
Langgulung, Hasan. 2000. Asas-Asas Pendidikan Islam. Cet. I. PT. Al-Husna Zikra. Jakarta
Nata, Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam Cet. I. Logos Wacana Ilmu. Jakarta
Zuhairini, dkk. 1995. Filsafat Pendidikan Islam Cet. II. Bumi Aksarra. Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.