MENGAJARKAN POTENSI PERTANIAN LOKAL KAB. GROBOGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.515Abstract
Upaya mencapai kedaulatan pangan, pembangunan pertanian saat ini dihadapkan ke dalam berbagai tantangan yang harus dihadapi bersama. Keberhasilan pembangunan pada sektor pertanian ditentukan oleh ketersediaan sumberdaya manusia yang mumpuni. Untuk dapat menyediakan sumberdaya yang memadai, maka perlu adanya pendidikan yang mengintegrasikan potensi tersebut dalam pembelajaran. Dalam mewujudkannya diperlukan cara menginterintegrasikan potensi pertanian lokal melalui pembelajaran IPA terpadu agar potensi tersebut tetap terjaga dan dapat dikembangkan lebih lanjut. Integrasi potensi pertanian lokal dalam pembelajaran terpadu dapat dilaksanakan dengan pengambilan tema pertanian lokal yang ada didaerah tersebut. Seperti halnya contoh pemaduan dalam tema “padiku subur hidupku makmur” yang dapat diintegrasikan hal-hal yang berkaitan dengan pertanian padi sebagai produk potensi lokal setempat. Kata kunci: pertanian local, pembangunan pertanianReferences
Balitbang Depdiknas. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu SMP/MTs. Pusat Kurikulum Jakarta Pusat.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan. Dikmenum, Depdiknas. Jakarta
Dinas pertanian Grobogan. 2013. www.bkp.grobogan.co.id., diakses pada 01 Februari 2014.
Hidayat, N. 2009. ‘Pengembangan Pembelajaran Terpadu Model Connected untuk Meningkatkan hasil Belajar Siawa Dalam Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan Alam. Inovasi Kurikulum, Thn.4, ISSN: 1829-6750, 1(4): 15-29.
Indrawati. 2009. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.
Muhlisin, A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Tema Polusi udara. Jurnal of Educational Research and Learning, ISSN 2252-6420. 1 (2): 139-145.
Pemerintah Kabupaten Grobogan. 2013. www.Kab.Grobogan.go.id, diakses pada 01 Februari 2014.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.