PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK SISWA KELAS XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.517Abstract
Hasil pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis kooperatif tipe STAD menunjukkan bahwa secara umum hasil ujicoba terhadap LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan. Analisis reliabilitas hasil pengamatan keterlaksanaan LKS dalam pembelajaran secara keseluruhan adalah R=83 % atau 0,83 yang berarti reliabel (dapat dipercaya). Rata-rata hasil pengamatan oleh 2 orang pengamat M= 3,62 yang berarti bahwa keterlaksanaan perangkat pembelajaran secara keseluruhan berada pada kategori terlaksana seluruhnya (M>2). Dengan demikain, syarat kepraktisan yang ditetapkan terhadap perangkat pembelajaran berbasis koopertif tipe STAD dinyatakan praktis dengan rata-rata total pengamatan berada pada kategori terlaksana seluruhnya. Kata kunci: pengembangan, LKS, kooperatif STAD, ekskresiReferences
Effects of Student Teams-Achievement Divisions Strategy and Mathematics Knowlegde on Learning Outcomes in Chemical Kinetics. Uluslararasi Sosyal Ara_Tirmalar Dergisi The Journal Of International Social Research Volume 2/6 Winter 2009 (online) http://www.sosyalarastirmalar.com/cilt2/sayi6pdf/adesoji_ibraheem.pdf diakses tanggal 03 Januari 2012
Amin Astuti, 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Konstruktivisme Berdasar Teori Sosial Vygotsky Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di SMA. Tesis Tidak Diterbitkan. PPs UNM. Makassar
Djemi, J. 2007.Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TGT untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Pada Pola Deret Bilangan. Ilmu Pendidikan No.3 hlm. 205-218
Musdalifah. 2010.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pokok Bahasan Teorema Pytagoras Untuk Kelas VIII SMP.Tesis Tidak Diterbitkan. PPs UNM. Makassar
Mustari, S. 2010.Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Mengaplikasikan Teori Van Hiele dalam Pengajaran Geometri. Tesis Tidak Diterbitkan. PPs UNM. Makassar
Nurdin, 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi Tidak Diterbitkan. PPs UNESA. Surabaya
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana. Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.