PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Authors

  • Zamrin Jamdin UNIDAR Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.517

Abstract

Hasil pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis kooperatif tipe STAD menunjukkan bahwa secara umum hasil ujicoba terhadap LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan. Analisis reliabilitas hasil pengamatan keterlaksanaan LKS dalam pembelajaran secara keseluruhan adalah R=83 % atau 0,83 yang berarti reliabel (dapat dipercaya). Rata-rata hasil pengamatan oleh 2 orang pengamat M= 3,62 yang berarti bahwa keterlaksanaan perangkat pembelajaran secara keseluruhan berada pada kategori terlaksana seluruhnya (M>2). Dengan demikain, syarat kepraktisan yang ditetapkan terhadap perangkat pembelajaran berbasis koopertif tipe STAD dinyatakan praktis dengan rata-rata total pengamatan berada pada kategori terlaksana seluruhnya. Kata kunci: pengembangan, LKS, kooperatif STAD, ekskresi

References

Effects of Student Teams-Achievement Divisions Strategy and Mathematics Knowlegde on Learning Outcomes in Chemical Kinetics. Uluslararasi Sosyal Ara_Tirmalar Dergisi The Journal Of International Social Research Volume 2/6 Winter 2009 (online) http://www.sosyalarastirmalar.com/cilt2/sayi6pdf/adesoji_ibraheem.pdf diakses tanggal 03 Januari 2012

Amin Astuti, 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Konstruktivisme Berdasar Teori Sosial Vygotsky Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di SMA. Tesis Tidak Diterbitkan. PPs UNM. Makassar

Djemi, J. 2007.Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TGT untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Pada Pola Deret Bilangan. Ilmu Pendidikan No.3 hlm. 205-218

Musdalifah. 2010.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pokok Bahasan Teorema Pytagoras Untuk Kelas VIII SMP.Tesis Tidak Diterbitkan. PPs UNM. Makassar

Mustari, S. 2010.Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Mengaplikasikan Teori Van Hiele dalam Pengajaran Geometri. Tesis Tidak Diterbitkan. PPs UNM. Makassar

Nurdin, 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi Tidak Diterbitkan. PPs UNESA. Surabaya

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana. Jakarta

Published

2014-12-07