BERTANYA, PEMICU KREATIVITAS DALAM INTERAKSI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.518Abstract
Bertanya merupakan persoalan sederhana, walaupun tidak bisa digeneralisasi dalam perspektif pembelajaran bermakna. Bertanya bisa dipandang sebagai sikap perduli, responsif, dan interaktif terhadap materi pelajaran yang disampaikan. Kendala bertanya lebih banyak karena faktor diri siswa. Padahal bertanya dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu. Jenis pertanyaan yang diajukan berbasis Taksonomi Bloom. Keterampilan bertanya mampu memicu kreativitias karena suatu pertanyaan muncul dari pertarungan kognitif antara konsep yang diterima dengan pengalaman yang pernah dialami, ditambah pengetahuan lama yang dipunyai dan keyakinan personal terhadap konsep tersebut. Kata kunci: bertanya, keterampilanReferences
Aji, P. 2008. Usaha Meningkatkan Keberanian Siswa Mengerjakan Soal-Soal Latihan di Depan Kelas Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta:
Departeman Pendidikan Nasional Republik Indonesia 2008. Kamus Besar Bahasa. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional Republik Indonesia http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php 05.07.2010_12.10
De Porter, B. 2000. Quantum Teaching. (Terjemahan Ary Nilandari). Mizan Pustaka. Jakarta
Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. SAGE Publication Ltd. London:
Hotimah, N.H. 2009. Optimalisasi Kemampuan Koneksi dan Keaktifan Siswa Melalui Pendekatan Improving Learning dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta
Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Mizan Learning Center (MLC). California
Matra Pendidikan. 2014. Mengapa Siswa Enggan Bertanya. http://www.matrapendidikan.com/2014/02/mengapa-siswa-enggan-bertanya.html#ixzz32msTHlce [27 Mei 2014]
McTighe, J & Wiggins, G . 2013. Essential Questions: Opening Doors to Student Understanding. Association for Supervision & Curriculum Development Pub. United Kingdom
Morgan, N & Saxton, J. 2006. Asking Better Question. 2nd Ed. Pembroke Publishers. Canada
Munandar, S.C.U. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta. Jakarta
Rahmawati, S. 2002. Mencetak Anak Cerdas dan Kreatif. Penerbit Buku Kompas. Jakarta
Ribowo, B. 2006. Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Kelas IIA SMP Negeri 2 Banjarharjo Brebes dalam Pokok Bahasan Segiempat Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Kelompok kecil. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang
Russanti, P. 2012. Bertanya, Kunci Berpikir Kreatif. http://suaraguru.wordpress.com/ 2012/07/21/bertanya-kunci-berpikir-kreatif/ [27 Mei 2014]
Santrock, J.W. 2008. Adolescence: Perkembangan Remaja (edisi ke-12, Penerjemah: Adelar, S.B., & Saragih, S.). Erlangga. Jakarta
Santrock, J.W. 2008. Educational Psychology (3rd Ed). McGraw-Hill. Boston
STR. 2011. The Essential Questions Handbook: Hundreds of Guiding Questions That Help You Plan and Teach Successful Lessons in the Content Areas. Scholastic Teaching Resources. United Kingdom
Sukasains. 2011. Bertanya, kenapa takut?.http://sukasains.com/tulisanku/bertanya-kenapa-takut/ [26 Mei 2014]
Supriana, A. 2013. Penerapan Metode Learning Start With A Question Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung
Tamasandi, D. 2014. Lima Hal yang Menyebabkan Murid Saat Ini Enggan Beranya Kepada Guru. http://sandikataku2.blogspot.com/2014/03/5-hal-yang-menyebabkan-murid-saat-ini.html. [27 Mei 2014]
Urip. 2012. Alasan Siswa Enggan Bertanya di Kelas. Serial online. http://urip.wordpress.com/2012/08/31/alasan-siswa-enggan-bertanya-di-kelas/ [27 Mei 2014]
Walsh, J.A & Sattes, B.D. (2005). Quality Questioning: Research-Based Practice to Engage Every Learner. Corwin Press. California
Walsh, J.A & Sattes, B.D. 2011. Thinking Through Quality Questioning: Deepening Student Engagement. SAGE Publication Ltd. London
Winarsih Y. 2009. Peningkatan Respon Siswa pada Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Keterampilan proses (PTK Pembelajaran IPS) di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.