BERTANYA, PEMICU KREATIVITAS DALAM INTERAKSI BELAJAR

Authors

  • Slamet Hariyadi IKIP Jember

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.518

Abstract

Bertanya merupakan persoalan sederhana, walaupun tidak bisa digeneralisasi dalam perspektif pembelajaran bermakna. Bertanya bisa dipandang sebagai sikap perduli, responsif, dan interaktif terhadap materi pelajaran yang disampaikan. Kendala bertanya lebih banyak karena faktor diri siswa. Padahal bertanya dapat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu. Jenis pertanyaan yang diajukan berbasis Taksonomi Bloom. Keterampilan bertanya mampu memicu kreativitias karena suatu pertanyaan muncul dari pertarungan kognitif antara konsep yang diterima dengan pengalaman yang pernah dialami, ditambah pengetahuan lama yang dipunyai dan keyakinan personal terhadap konsep tersebut. Kata kunci: bertanya, keterampilan

References

Aji, P. 2008. Usaha Meningkatkan Keberanian Siswa Mengerjakan Soal-Soal Latihan di Depan Kelas Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta:

Departeman Pendidikan Nasional Republik Indonesia 2008. Kamus Besar Bahasa. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional Republik Indonesia http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php 05.07.2010_12.10

De Porter, B. 2000. Quantum Teaching. (Terjemahan Ary Nilandari). Mizan Pustaka. Jakarta

Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. SAGE Publication Ltd. London:

Hotimah, N.H. 2009. Optimalisasi Kemampuan Koneksi dan Keaktifan Siswa Melalui Pendekatan Improving Learning dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta

Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Mizan Learning Center (MLC). California

Matra Pendidikan. 2014. Mengapa Siswa Enggan Bertanya. http://www.matrapendidikan.com/2014/02/mengapa-siswa-enggan-bertanya.html#ixzz32msTHlce [27 Mei 2014]

McTighe, J & Wiggins, G . 2013. Essential Questions: Opening Doors to Student Understanding. Association for Supervision & Curriculum Development Pub. United Kingdom

Morgan, N & Saxton, J. 2006. Asking Better Question. 2nd Ed. Pembroke Publishers. Canada

Munandar, S.C.U. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta. Jakarta

Rahmawati, S. 2002. Mencetak Anak Cerdas dan Kreatif. Penerbit Buku Kompas. Jakarta

Ribowo, B. 2006. Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Kelas IIA SMP Negeri 2 Banjarharjo Brebes dalam Pokok Bahasan Segiempat Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Kelompok kecil. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang

Russanti, P. 2012. Bertanya, Kunci Berpikir Kreatif. http://suaraguru.wordpress.com/ 2012/07/21/bertanya-kunci-berpikir-kreatif/ [27 Mei 2014]

Santrock, J.W. 2008. Adolescence: Perkembangan Remaja (edisi ke-12, Penerjemah: Adelar, S.B., & Saragih, S.). Erlangga. Jakarta

Santrock, J.W. 2008. Educational Psychology (3rd Ed). McGraw-Hill. Boston

STR. 2011. The Essential Questions Handbook: Hundreds of Guiding Questions That Help You Plan and Teach Successful Lessons in the Content Areas. Scholastic Teaching Resources. United Kingdom

Sukasains. 2011. Bertanya, kenapa takut?.http://sukasains.com/tulisanku/bertanya-kenapa-takut/ [26 Mei 2014]

Supriana, A. 2013. Penerapan Metode Learning Start With A Question Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung

Tamasandi, D. 2014. Lima Hal yang Menyebabkan Murid Saat Ini Enggan Beranya Kepada Guru. http://sandikataku2.blogspot.com/2014/03/5-hal-yang-menyebabkan-murid-saat-ini.html. [27 Mei 2014]

Urip. 2012. Alasan Siswa Enggan Bertanya di Kelas. Serial online. http://urip.wordpress.com/2012/08/31/alasan-siswa-enggan-bertanya-di-kelas/ [27 Mei 2014]

Walsh, J.A & Sattes, B.D. (2005). Quality Questioning: Research-Based Practice to Engage Every Learner. Corwin Press. California

Walsh, J.A & Sattes, B.D. 2011. Thinking Through Quality Questioning: Deepening Student Engagement. SAGE Publication Ltd. London

Winarsih Y. 2009. Peningkatan Respon Siswa pada Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Keterampilan proses (PTK Pembelajaran IPS) di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta

Published

2014-12-07