MENINGKATKAN PROFESIONALGURU KIMIA MELALUI INDUCTIVE TRAINING
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.520Abstract
Upaya untuk meningkatkan keterampilan profesional guru dalam merencanakan dan melaksanakan RPP di kelas dapat dilakukan melalui inductive training, yang meliputi tahap-tahap:1) menjelaskan tujuan pelatihan, 2) mendiskusikan latar belakang teori dan tujuan pelatihan, 3) modeling, 4) latihan pembuatan RPP dan umpan balik, 5) micro teaching, refleksi dan umpan balik, dan 6) melaksanakan di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga Guru Kimia Mitra SMA Negeri yang terlibat dalam pelatihan induksi dapat mengembangkan RPP dengan model yang telah disepakati dan dapat melaksanakan di kelas dengan berhasil. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pelatihan induksi efektif untuk meningkatkan keterampilan profesional guru kimia dalam mengembangkan dan melaksanakan di kelas dengan berhasil. Kata kunci: inductive training dan modeling.References
Allen, D., and Ryan, K. 1969. Microteaching. Reading, Mass. Addison-Wesley.
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Broudy, H S. 1972. A Criticue of Performance-Based Teacher Education.. American Association of Colleges for Teacher Education, May. Washington, D.C
Depdiknas. 2005. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta
Depdiknas. 2007. Pembelajaran yang Bermutu. Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. Jakarta
Depdiknas. 2008. Pendidikan dan Pelatihan Kepala Sekolah ”Manajemen Pengembangan dan Implementasi Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan. Dirjen Tenaga Kependidikan dan Dirjen Peningkatan mutu dan Tenaga Kependidikan. Jakarta
Depdiknas. 2008. Stategi Pembelajaran MIPA. Dirjen Tenaga Kependidikan dan Dirjen Peningkatan Mutu dan Tenaga Kependidikan. Jakarta
Depdiknas. 2008. PanduanPembelajaran Remedial. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta
Hamalik, O. 2004. Pendidikan Guru. Bumi Aksara. Jakarta
Harmanto, A., dan Ruminten. 2009. Kimia 2 untuk SMA/MMA Kelas XI. Endang. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta:
Hendayana, S. 2006. Lesson Study. UPI Press. Bandung
Ibrahim, M. 2005. Asesmen Berkelanjutan. Unesa University Press. Surabaya
Joyce,B. and Weil, M. 1980, Models of Teaching, 2nd edn, Prentice Hall, Englewood Cliffs, Nj.
Kardi, S. 2009. Guru, Profesi dengan Multi Peran, Makalah tidak dipublikasikan disampaikan pada Mata Kuliah PBP II Program Pasca Sarjana Pendidikan Sains S-2. Unesa. Surabaya
Kunandar, 2007. GuruProfesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Margianti, M Y. 2001. Penerapan Strategi Modeling dalam Pelatihan Keterampilan Proses pada Pelatihan Guru IPA- Biologi Sekolah Dekat (PGS). Unesa. Surabaya
Nur, M. 2008. Model Pembelajaran Langsung. Unipress. Surabaya
Permendiknas. 2005. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasioal Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasioanal. Jakarta
Permendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kompetensi Guru. Departemen Pendidikan Nasioanal. Jakarta
Suyono. 2007. Continuing Education sebagai salah satu Alternatif Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia di Sekolah, Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Kimia Unesa pada tanggal 5 Desember 2007 di Kampus Ketintang Surabaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.