BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PERSPEKTIF TEORI KOGNITIVISME
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.521Abstract
Teori Perkembangan Kognitif, dikembangkan oleh Jean Piaget, seorang psikolog Swiss yang hidup tahun 1896-1980. Teorinya memberikan banyak konsep utama dalam lapangan psikologi perkembangan dan berpengaruh terhadap perkembangan konsep kecerdasan, yang bagi Piaget, berarti kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental. Teori ini digolongkan ke dalam konstruktivisme, yang berarti, tidak seperti teori nativisme (yang menggambarkan perkembangan kognitif sebagai pemunculan pengetahuan dan kemampuan bawaan), teori ini berpendapat bahwa kita membangun kemampuan kognitif kita melalui tindakan yang termotivasi dengan sendirinya terhadap lingkungan. Kata Kunci: belajar, pembelajaran, kognitivisme.References
M. Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung
R.E, Slavin. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Sixth Edition. Allyn and Bacon. Boston
Uno, B. Hamzah. 2005. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta
http://alkohol7.wordpress.com/2008/11/21/makalah-psikopen-teori-belajar/
http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_Belajar_Behavioristik.
Bjorklund, D.F. 2000. Children's Thinking: Developmental Function and individual differences. 3rd ed. Bellmont, CA. Wadsworth
Cole, M, et al. 2005. The Development of Children. Worth Publishers. New York:
Johnson, M.H. 2005. Developmental cognitive neuroscience. 2nd ed. Blacwell publishing. Oxford
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.