BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PERSPEKTIF TEORI KOGNITIVISME

Authors

  • Wiwik Widyati UNIDAR Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.521

Abstract

Teori Perkembangan Kognitif, dikembangkan oleh Jean Piaget, seorang psikolog Swiss yang hidup tahun 1896-1980. Teorinya memberikan banyak konsep utama dalam lapangan psikologi perkembangan dan berpengaruh terhadap perkembangan konsep kecerdasan, yang bagi Piaget, berarti kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental. Teori ini digolongkan ke dalam konstruktivisme, yang berarti, tidak seperti teori nativisme (yang menggambarkan perkembangan kognitif sebagai pemunculan pengetahuan dan kemampuan bawaan), teori ini berpendapat bahwa kita membangun kemampuan kognitif kita melalui tindakan yang termotivasi dengan sendirinya terhadap lingkungan. Kata Kunci: belajar, pembelajaran, kognitivisme.

References

M. Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung

R.E, Slavin. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Sixth Edition. Allyn and Bacon. Boston

Uno, B. Hamzah. 2005. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta

http://alkohol7.wordpress.com/2008/11/21/makalah-psikopen-teori-belajar/

http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_Belajar_Behavioristik.

Bjorklund, D.F. 2000. Children's Thinking: Developmental Function and individual differences. 3rd ed. Bellmont, CA. Wadsworth

Cole, M, et al. 2005. The Development of Children. Worth Publishers. New York:

Johnson, M.H. 2005. Developmental cognitive neuroscience. 2nd ed. Blacwell publishing. Oxford

Downloads

Published

2014-12-07