MODEL ARIES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR COGNITIF SISWA
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.522Abstract
Model pembelajaran ARIES dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada konsep klasifikasi makhluk hidup untuk peserta didik kelas di kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Leihitu . Hal ini dibuktikan dari hasil tes akhir Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan. kata kunci: aries, cognitif, siswaReferences
--------, Penelitian Hasil Belajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2000.
Arifin M. H. Ilmu Pendidikan Islam, Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Cet. I, Jakarta, Bumi Aksara.
Dimyati M. dan Mojiono, Strategi Mengajar, Sinar Baru Algesindo, Bandung, 1992.
Hamalik Oemar, Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA, Bandung, Sinar Baru Algesindo, 2001.
Kunandar, Penelitian Tindakan Kelas, Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo, 2010
Nasution S., Sosiologi Pendidikan, Cet. I, Jakarta, PT Bumi Aksara, 1995.
Poerwadarminta, W. J. S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1986.
Ratumanan, Belajar dan Pembelajaran, Surabaya, Univesa University Press IKAPI, 2004.
Ruseffendi, Pengantar Kepada Guru Membantu Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Bandung, Tarsito.
Sabariah Ike, Buku Paket Biologi Kelas I, PT Intan Pariwara, 2002.
Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet. II, Jakarta, PT Prenada Media Grup, 2007.
Slameto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara, 1999.
Sobry M. dan Fathurohman P., Strategi Belajar Mengajar, Bandung, Rafika Aditama, 2004.
Sudjana Nana, Metode Statistika, Edisi ke 6, Bandung, Penerbit Statistika, 1996.
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara, 2001.
Syaodih N. dan R. Ibrahim, Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta, 2003.
Tim Penyusun Biologi, Buku Pegangan Guru, Biologi Kelas I SLTP, PT Intan Pariwara, 2001.
Willis, Teori-Teori Belajar, Jakarta, Rajawali, 1989
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.