MODEL ARIES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR COGNITIF SISWA

Authors

  • Cornelia Pary IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.522

Abstract

Model pembelajaran ARIES dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada konsep klasifikasi makhluk hidup untuk peserta didik kelas di kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Leihitu . Hal ini dibuktikan dari hasil tes akhir Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan. kata kunci: aries, cognitif, siswa

References

--------, Penelitian Hasil Belajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2000.

Arifin M. H. Ilmu Pendidikan Islam, Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Cet. I, Jakarta, Bumi Aksara.

Dimyati M. dan Mojiono, Strategi Mengajar, Sinar Baru Algesindo, Bandung, 1992.

Hamalik Oemar, Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA, Bandung, Sinar Baru Algesindo, 2001.

Kunandar, Penelitian Tindakan Kelas, Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo, 2010

Nasution S., Sosiologi Pendidikan, Cet. I, Jakarta, PT Bumi Aksara, 1995.

Poerwadarminta, W. J. S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1986.

Ratumanan, Belajar dan Pembelajaran, Surabaya, Univesa University Press IKAPI, 2004.

Ruseffendi, Pengantar Kepada Guru Membantu Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Bandung, Tarsito.

Sabariah Ike, Buku Paket Biologi Kelas I, PT Intan Pariwara, 2002.

Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet. II, Jakarta, PT Prenada Media Grup, 2007.

Slameto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara, 1999.

Sobry M. dan Fathurohman P., Strategi Belajar Mengajar, Bandung, Rafika Aditama, 2004.

Sudjana Nana, Metode Statistika, Edisi ke 6, Bandung, Penerbit Statistika, 1996.

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara, 2001.

Syaodih N. dan R. Ibrahim, Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta, 2003.

Tim Penyusun Biologi, Buku Pegangan Guru, Biologi Kelas I SLTP, PT Intan Pariwara, 2001.

Willis, Teori-Teori Belajar, Jakarta, Rajawali, 1989

Published

2014-12-07