PROFIL MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA SURAKARTA DAN PEMAHAMANNYA TENTANG KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Setyo Prajoko UT Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v4i1.530

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji profil mahasiswa prodi PGSD Unit Pengelola Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Surakarta dan kemampuan pemahamannya tentang keterampilan berpikir kritis pada matakuliah praktikum IPA di SD. Penelitian ini menggunakan metode survai yang dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada mahasiswa PGSD UT Surakarta program penyetaraan kelompok belajar Sragen dan Boyolali, Jawa Tengah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa profil mahasiswa prodi PGSD didominasi oleh perempuan lulusan sarjana non-IPA yang bekerja sebagai guru non-PNS dengan lama bekerja 1-10 tahun. Kebanyakan dari mereka memiliki pengalaman melakukan praktikum dan membelajarkan praktikum, namun pemahaman tentang alat dan bahan praktikum masih rendah. Mahasiswa menilai kit dan modul praktikum yang digunakan dalam pembelajaran tidak lengkap. Mereka juga mengetahui model pembelajaran dan aspek yang dinilai dalam pembelajaran. Hasil kemampuan berpikir kritis mahasiswa termasuk kategori rendah. Kata kunci: profil mahasiswa, keterampilan berpikir kritis

References

Abrami, P. C., Bernard, R. M., Borokhovski, E., Wade, A., Surkes, M. A., Tamim, R., & Zhang, D. 2008. Instructional interventions affecting critical thinking skills and dispositions: A stage 1 meta-analysis. Review of Educational Research, 78(4), 1102-1134.

Beyer, Barry K.1985. Critical Thinking. Bloomington: Phi Delta Kappa.

Efendi, R. 2010. Kemampuan Fisika Siswa Indonesia dalam TIMSS (Trend of International on Mathematics and Science Study). Prosiding. Seminar Nasional Fisika 2010 di Universitas Pendidikan Indonesia.

Ennis, Robert H. 1962. A concept of critical thinking. Harvard Educational Review, Vol 32(1), 81-111.

Greenstein, Laura. 2008. Assesing 21st century Skills. SAGE Company Ltd. California.

Harlen, W. 2001. Primary Science: Taking the Plunge. How To Teach Science More Effectively for Ages 5 to 12. Heinemann, 361 Hanover Street, Portsmouth, NH 03801-3912.

IMSTEP-JICA. 1999. Monitoring Report on Current Practice on Mathematics and Science Teaching and Learning. Bandung: IMSTEP- JICA.

Meyers, C. (1986). Teaching Students to Think Critically. A Guide for Faculty in All Disciplines. Jossey-Bass Higher Education Series. Jossey-Bass Inc., Publishers, 433 California Street, Suite 1000, San Francisco, CA 94104-2091.

PISA. 2012. PISA 2012 results: What Students Know and Can Do, Student Performance in Reading, Mathematics and Science (Volume I). PISATM: OECD.

Sadia, I.W. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol 2: 219-237.

Singarimbun, M. dan Effendi, S. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES Indonesia.

Published

2015-06-07