NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM Al-QUR’AN

Authors

  • La Adu IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v4i2.537

Abstract

Nilai yang terkandung dalam surat al-maa’uun yakni nilai-nilai sosial pendidikan Islam meliputi; menyayangi anak yatim, memberi makan kepada fakir miskin, dan membantu orang dengan barang yang dapat diambil manfaatnya, dan nilai-nilai psikologi pendidikan Islam meliputi; seorang muslim tidak boleh menghardik anak yatim, seorang muslim tidak membiarkan fakir miskin hidup dalam kelaparan, seorang muslim tidak boleh melakukan ibadah karena faktor riya, Seorang muslim tidak boleh hanya melaksanakan shalat tetapi tidak mengaplikasikan dalam kehidupan serta dilakukan karena riya seorang muslim tidak boleh membantu orang lain dengan barang yang tidak dapat diambil manfaatnya, seorang muslim tidak boleh hanya melaksanakan shalat tetapi tidak mengaplikasikan dalam kehidupan serta dilakukan karena riya.

References

Hujair AH Sanaki. 2003. Paradigma Pendidikan Islam .Safiria Insania Press. Yogyakarta

Hanun Asroha. 2001. Sejarah Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu. Jakarta.

M Noor Syam. 1986. Filsafat Pendidikan dan Dasar Pendidikan Pancasila. Usaha Nasional. Surabaya.

M Ngalim Purwanto. 2000. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Zakiah Daradjat dkk. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara. Jakarta.

Departemen Agama RI. 1989. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Mahkota. Surabaya.

H Abuddin Nata. 2005. Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam. Kencana. Bogor.

Sudirman dkk, Ilmu Pendidikan. 1986. Mutiara. Jakarta

Departemen P & K. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta

Ahmad D Marimba. 1962. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Al-Ma’arif. Bandung.

Ahmad Mustafah Al-Maragi. 1970. Tafsir aL-Maragi Juz X. Mustafah al-Babi al-Halabi. Mesir.

Hamka, Tafsir al-Azhar Jilid 10. 1993. Pustaka nasional PTE LTD Singapura. Singapura.

Published

2015-12-17