MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INKUIRI LABORATORIUM KONSEP ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KONSEP, BERPIKIR KREATIF, DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA SMP

Authors

  • Surati Surati IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/bs.v4i2.542

Abstract

Hasil analisis data menunjukkan pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman konsep pada setiap kelompok kemampuan siswa, mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dengan hasil tertinggi pada aspek membangun konsep di atas pengetahuan yang telah ada pada diri siswa dan terendah pada aspek memilih hal-hal yang mungkin tidak relevan, serta keterampilan proses sains mengatasi kurangnya waktu pembelajaran, bagian-bagian pembelajaran tertentu dapat dilaksanakan di luar jam kelas. Kata Kunci: Pembelajaran Sains, Inkuiri Laboratorium

References

Anonim. 2003. Pendekatan Kontekstual. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas. Jakarta.

Arikunto, S. 1996. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Yogyakarta

Colburn, Alan. 2000. An Inquiry Primer Science Scope. March 2000.

Costa, Arthur L .1985. Developing Minds,A Resource Book for Teaching Thinking. Association for Supervision and Curriculum Development. Alexandria. Virginia

Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Erlangga. Jakarta

Depdiknas. 2003. Kurikulum2004, Standar Kompetensi, Mata Pelajaran Sains, Sekolah Menengah Pertama, dan Madrasah Tsanawiyah. Depdiknas. Jakarta.

Hofstein, Ari and Lunetta. Vincent N. 1982. The Role of Laboratory in Science Teaching: Negleted Aspect of Research”. Review of Educational Research. 52(2),201 – 207.

Indrawati. 2000. Model-Model Pembelajaran IPA. PPPG IPA. Bandung

Joyce, Bruce and Weil, Marssha, 1992. Models of Teaching. Prentice Hall, Inc. New Jersey

M. Amin. 1987. Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) DenganMenggunakan Metode “Discovery” dan “Inquiry”. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdikbud. Jakarta:

Nancy Susianna. 2003. Model Pembelajaran Berbasis Kegiatan Laboratorium Sebagai Wahana Pendidikan Siswa SLTP Pada Pokok Bahasan Materi. Tesis PPS UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Sukarno, Kertiasa N, Hadiat, Padmawinata D. 1977. Dasar-Dasar Pendidikan Science. Bhratara. Jakarta

Sund, R.B, dan Trowbridge, Leslie W. 1973. Teaching Science By Inquiry In The Secondary School Second Edition. Charles E.Merill Publishingn Company. USA

Published

2015-12-17