MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INKUIRI LABORATORIUM KONSEP ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KONSEP, BERPIKIR KREATIF, DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.33477/bs.v4i2.542Abstract
Hasil analisis data menunjukkan pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman konsep pada setiap kelompok kemampuan siswa, mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dengan hasil tertinggi pada aspek membangun konsep di atas pengetahuan yang telah ada pada diri siswa dan terendah pada aspek memilih hal-hal yang mungkin tidak relevan, serta keterampilan proses sains mengatasi kurangnya waktu pembelajaran, bagian-bagian pembelajaran tertentu dapat dilaksanakan di luar jam kelas. Kata Kunci: Pembelajaran Sains, Inkuiri LaboratoriumReferences
Anonim. 2003. Pendekatan Kontekstual. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Depdiknas. Jakarta.
Arikunto, S. 1996. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Yogyakarta
Colburn, Alan. 2000. An Inquiry Primer Science Scope. March 2000.
Costa, Arthur L .1985. Developing Minds,A Resource Book for Teaching Thinking. Association for Supervision and Curriculum Development. Alexandria. Virginia
Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Erlangga. Jakarta
Depdiknas. 2003. Kurikulum2004, Standar Kompetensi, Mata Pelajaran Sains, Sekolah Menengah Pertama, dan Madrasah Tsanawiyah. Depdiknas. Jakarta.
Hofstein, Ari and Lunetta. Vincent N. 1982. The Role of Laboratory in Science Teaching: Negleted Aspect of Research”. Review of Educational Research. 52(2),201 – 207.
Indrawati. 2000. Model-Model Pembelajaran IPA. PPPG IPA. Bandung
Joyce, Bruce and Weil, Marssha, 1992. Models of Teaching. Prentice Hall, Inc. New Jersey
M. Amin. 1987. Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) DenganMenggunakan Metode “Discovery” dan “Inquiry”. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdikbud. Jakarta:
Nancy Susianna. 2003. Model Pembelajaran Berbasis Kegiatan Laboratorium Sebagai Wahana Pendidikan Siswa SLTP Pada Pokok Bahasan Materi. Tesis PPS UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.
Sukarno, Kertiasa N, Hadiat, Padmawinata D. 1977. Dasar-Dasar Pendidikan Science. Bhratara. Jakarta
Sund, R.B, dan Trowbridge, Leslie W. 1973. Teaching Science By Inquiry In The Secondary School Second Edition. Charles E.Merill Publishingn Company. USA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.