POLA PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI LINGKAR KAMPUS IAIN AMBON
DOI:
https://doi.org/10.33477/fkt.v8i2.360Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu strategi pembangunan sumber daya manusia dan merupakan titik sentral dan sangat mendasar dalam upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Hal ini dilakukan melalui pemberian stimulus pendidikan agar membantu perkembangan, pertumbuhan baik jasmani maupun rohani sehingga anak memiliki kesiapan yang lebih lanjut. Penelitian ini memfokuskan masalah pada pola pengembangan model pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di lingkar kampus IAIN Ambon, dengan objek dalam penelitian adalah PAUD Kuntum Ceria 2 Ambon dan PAUD Al-Hikmah Ambon. Kedua lembaga PAUD ini dipilih karena letaknya yang startegis di sekitar kampus IAIN Ambon, juga keduanya saling berdekatan, namun memiliki konsep pengembangan model pembelajaran yang berbeda. PAUD Kuntum Ceria 2 Ambon dengan model pembelajaran PAUD Alam atau PAUD berwawasan Lingkungan dan PAUD Al-Hikmah dengan konsep pengembangan model pembelajaran PAUD Islam Terpadu berbasis Pendidikan Karakter. PAUD Kuntum Ceria 2 menekankan model pembelajaran dengan lingkungan alam sebagai media utama dalam pembelajaran, sedangkan PAUD ALHikmah lebih menekankan pada penanaman nilai-nilai karakter pada anak sejak dini yang dilakukan melalui pembiasaan.Downloads
Additional Files
Published
2018-01-14
Issue
Section
Articles