STRATEGI PENGEMBANGAN JURUSAN EKONOMI SYARIAH FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM IAIN AMBON

Aisa Manilet Muammar Marupaey

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pengembangan Jurusan Ekonomi
Syariah pada Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Ambon serta mengetahui
faktor-faktor pendorong dan penghambat pengembangan Jurusan Ekonomi Syariah
dalam pengimplementasian visi dan misinya.
Tipe penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan
kualitatif dengan analisis diskriptif menggunakan teknik analisis matrik SWOT yang
bersandar pada kajian historis dan normatif.
Hasil penelitian menggunakan teknik analisis SWOT menemukan bahwa strategi SO
berupa: desain kurilulum sesuai kebutuhan kerja, ciptakan kegiatan yang menarik minat
masyarakat, sosialisasi riba ke masyarakat, ikutsertakan mahasiswa pada kegiatan
terkait ekonomi syariah, jaring kerjasama dengan berbagai lembaga untuk fasilitas
beasiswa, dirikan koperasi bagi mahasiswa dan beri binaan bagi alumni. strategi ST:
tingkatkan nilai mutu akreditas, tingkatkan kualitas lulusan, tingkatkan kualifikasi
dosen, sediakan beasiswa lulusan terbaik, ikutsertakan mahasiswa pada kegiatan
Fossei/KSEI di lingkungan mahasiswa Nasional; tindaklanjuti hasil audit kinerja dosen;
ciptakan icon unggulan Jurusan. strategi WO: beri alumni peluang lanjutkan studi, beri
ruang bagi dosen lanjutkan studi, terima dosen berkompetensi Ekonomi Syariah;
usulkan staf adminitrasi tetap; sesuikan kurikulum, bimbing mahasiswa studi akhir;
awasi jam mengajar dosen, buka ruang kemitraan dengan berbagai lembaga, jalin
kerjasama dengan berbagai lembaga penelitian, manfaatkan Perpusnas dalam
pengusulan referensi pendukung, usulkan pengadaan lab sesuai kompetensi Jurusan.
strategi WT: jadikan alumni prioritas tenaga pengajar, perketat/perkuat networking
dengan alumni dan mitra, tingkatkan pelayanan mahasiswa, bebaskan mahasiswa dalam
berkarya, sosialisasi jurusan ke masyarakat, Institute harus bantu anggarkan aktivitas
mahasiswa dan operasional Jurusan, melakukan studi banding, pengadaan fasilitas
pendukung kualitas mahasiswa dan dosen. Faktor pendorong pengembangan Jurusan
Ekonomi Syariah: munculnya berbagai institusi atau lembaga keuangan Islam
diberbagai wilayah memberikan harapan masa depan yang cerah kepada lulusan-lulusan
Ekonomi Islam, perubahan pola pikir dan kepercayaan tentang konsep bunga, gedung
dan luas lahan yang representatif. Untuk faktor penghambat; kurangnya sinkronisasi
kerja pihak Fakultas dengan Jurusan, sikap monopoli pimpinan, belum adanya
penyatuan kurikulum Jurusan secara nasional, kurikulum masih belum fokus, dosen
belum miliki kualifikasi dan kompetensi keilmuan Ekonomi Syariah yang sebenarnya,
keterbatasan anggaran operasional Jurusan, sikap pimpinan kurang akomodatif
kegiatan-kegiatan mahasiswa, kerjasama belum maksimal, tidak ada sarana prasarana
pendukung kompetensi mahasiswa, sikap ketidakpercayaan pihak Fakultas terhadap
beberapa fasilitas yang merupakan bagian dari keilmuan Jurusan ini, seperti Galery
Investasi dan Bursa Efek, kegiatan mahasiswa belum mengarah pada peningkatan
kompetensi, kurangnya fasilitas memadai Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.