MATHEMATICS PROBLEM SOLVING PROFILE OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS ON EXPONENT NUMBER MATERIAL IN TERMS OF LEARNING STYLE

Authors

  • Rokia Rumagorom
  • Ajeng Gelora Mastuti IAIN Ambon
  • Dina Amalya Lapele IAIN Ambon

Keywords:

Pemecahan masalah, gaya belajar, bilangan berpangkat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa SMP pada materi bilangan berpangkat ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMPN 23 Ambon dengan menggunakan instrumen berupa angket gaya belajar, soal tes dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pemberian angket gaya belajar, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah profil pemecahan masalah meliputi: Subjek visual, pada tahap membaca subjek membaca soal dengan diulang beberapa kali dengan suara sedikit keras, cepat dan lancar. Pada tahap mengeksplorasi subjek menyajikan masalah ke dalam cara yang mudah dipahami. Pada tahap memilih suatu strategi subjek membuat hipotesis mengenai bagaimana cara menyelesaikan masalah. Pada tahap menyelesaikan masalah subjek seringkali berkosentrasi dengan melihat soal. Pada tahap meninau kembali subjek melakukan pengecekan kembali dan menjelaskan kembali jawabannya dengan begitu yakin. Subjek auditori, pada tahap membaca soal sambil menggerakkan bibirnya dengan suara pelan dan mencatat kata kunci. Pada tahap mengeksplorasi subjek mencatat apa saja yang diketahui pada soal. Pada tahap memilih suatu strategi subjek membuat hipotesis dengan sesekali membaca soal yang dirasa penting dalam hati sambil menggerak-gerakkan bibirnya. Pada tahap menyelesaikan masalah subjek mengerjakan soal tes sesuai dengan yang direncanakan dengan melihat-lihat kembali jawabannya sambil membaca dalam hati dengan menggerakkan bibirnya. Pada tahap meninjau kembali subjek melakukan pengecekan kembali dan menjelaskan kembali hasil pekerjaannya. Subjek kinestetik, pada tahap membaca soal dengan suara jelas sambil memainkan pulpen yang dipegang dan kemudian mencatat kata kuncinya. Pada tahap mengeksplorasi subjek mengidentifikasi masalah yang diberikan ke dalam cara yang mudah dipahami dengan mencatat apa saja yang diketahui dan ditanya pada soal. Pada tahap memilih suatu strategi subjek membuat hipotesis serta membaca kembali apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan menggunakan jari sebagai petunjuk. Pada tahap menyelesaikan masalah subjek menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya dengan menggerakkan barang yang ada disekitarnya atau tidak bisa tenang, banyak bergerak seperti ingin cepat selesai. Pada tahap meninjau kembali subjek melakukan pengecekan kembali dan menjelaskan kembali hasil jawabannya dengan baik sambil menggerakkan kedua tangannya.
Kata kunci : Pemecahan Masalah, Gaya Belajar, Bilangan Berpangkat

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles