Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Android Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kartasura

Authors

  • Muhammad Nur Kholis UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Imam Makruf UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Moh. Ashif Fuadi UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Muhammad Zaenuri UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33477/mangente.v2i2.3382

Abstract

Pandemi covid-19 yang melanda seluruh negara di dunia menyebabkan perubahan yang sangat signifikan dari berbagai macam aspek kehidupan termasuk Pendidikan. Pendidikan di Indonesia yang pada mulanya mayoritas didominasi dengan pembelajaran secara tatap muka fisik, saat ini harus menggunakan pembelajaran model daring (on line) tidak hanya pada jenjang perguruan tinggi tapi juga jenjang sekolah bahkan sekolah dasar. Perubahan tersebut mengharuskan guru mencari cara yang ideal untuk menyampaikan materi ajar. Berbagai macam cara dilakukan oleh para guru, mulai dari menggunakan media whatsapp, google meet bahkan aplikasi zoom. Sedangkan proses pembelajaran yang berjalan masih menggunakan bentuk penugasan kepada siswa dengan menggunakan media komunikasi seperti Whatsapp. Sehingga kegiatan terbilang kurang menarik dan tidak efektif. Video pembelajaran menjadi salah satu solusi yang tepat..  Maka diperlukan pelatihan dan pendampingan pembuatan video pembelajaran berbasis Android. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Participatory Action Research (PAR) dengan langkah assesmen, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Hasil dari pengabdian ini setelah dilakukan pelatihan dan pendampingan ditemukan indikator peningkatan ketrampilan guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis android. Dari semua peserta pelatihan, semuanya dapat membuat video pembelajaran berbasis android walaupun masih ditemukan peserta yang kesulitan dalam menggunakan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi. Bagi peserta yang masih kesulitan menggunakan aplikasi tersebut diberikan pendampingan sebagai upaya tindak lanjut melalui Whatsapp atau email.

References

Aditya, I. (2011). Pemanfaatan video pembelajaran sebagai sumber belajar bagi siswa kelas 1 program studi teknik bangunan gedung di smk negeri 2 surakarta.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Habibi, A. (2020). Normal Baru Pasca Covid-19. Journal.Uinjkt.Ac.Id, 4(1), 197–202.

HERANI, N. E. (2021). PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR SAAT PANDEMI COVID-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 59–67.

Kurniawan, T. D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD se-KecamatanGedang Sari Gunung Kidul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 21–26.

Mar’ah, N. K., Rusilowati, Ani., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Masriani, M., & Istikomah, I. (2020). Urgensi Manajemen Kelas pada Pendidikan Dasar. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 158–172. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.132

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Palupi, B. S. (2020). Penggunaan Video Untuk Meningkatkan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Sekolah Didik Sekolah Dasar Kelas Empat. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 02(02), 34–41.

Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162.

Rikarno, R. (2018). Pemanfaatan Handpone Android Sebagai Media Produksi Video Tutorial Pembelajaran Seni. Melayu Arts and Performance Journal, 11(1), 73–87.

Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). the Effectiveness of Video As a Tutorial Learning Media in Muhadhoroh Subject. Akademika, 9(02), 73–80. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.1088

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Tasrif, T. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Perubahan Struktur Sosial Budaya dan Ekonomi. EduSociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, III(2), 88–109.

Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja, 24(1), 107–118.

Yanuarita, H. A., & Haryati, S. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kondisi Sosial Budaya Di Kota Malang Dan Konsep Strategis Dalam Penanganannya. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, 2(2), 58. https://doi.org/10.24843/jiwsp.2020.v02.i02.p01

Downloads

Published

2023-05-06