Peningkatan Kapasitas UKM Kab. Malang Melalui Pelatihan Manajemen Keuangan dan Pemasaran Digital

Authors

  • Ainur Rofiq Universitas Brawijaya
  • Rila Anggraeni Universitas Brawijaya
  • Faishal Rayya Rabbani Universitas Brawijaya
  • Alif Aulia Reza Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.33477/mangente.v2i2.3495

Abstract

Saat ini seluruh sektor bisnis menghadapi dampak dari pandemi COVID-19. Kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Pemerintah berkaitan dengan pencegahan penularan Covid-19 mengakibatkan keterbatasan pergerakan masyarakat dan terganggunya aktivitas ekonomi. Minimnya aktivitas ekonomi menyebabkan turunnya pendapatan dan mengganggu kegiatan operasional para pelaku ekonomi termasuk UKM di Kabupaten Malang. UKM di Kabupaten Malang merupakan salah satu pilar penting bagi perekonomian di Kabupaten Malang karena mampu menyerap tenaga kerja yang memiliki latar belakang pendidikan rendah. Pengabdian kepada masyarakat ini diberikan dengan tujuan untuk membantu UKM di Kab. Malang agar pulih dan bangkit dari keterpurukan ekonomi. Bidang keuangan merupakan aspek penting dalam pengelolaan UKM yang berperan sebagai pengukuran kinerja usaha. Selain mengevaluasi kinerja usaha, UKM juga membutuhkan kapabilitas di bidang pemasaran untuk mendongkrak penjualan dan pendapatan. Pemasaran digital akan mampu menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga memperbesar potensi naiknya pendapatan yang diperoleh UKM Kab. Malang. Oleh karena itu, aktivitas yang dilakukan pada kegiatan ini berupa pelatihan manajemen keuangan dan pemasaran digital.

References

Arsiwi, P., & Adi, P. W. (2020). Interpretive Structural Modelling Untuk Meningkatkan Daya Saing Rantai Pasok UKM Mina Indo Sejahtera. Jurnal PASTI, 14(1), 26–36.

Liviawati, J. G. (2020). Pentingnya Penerapan Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis,17(1), 56-62.

Saifudin, R. (2018). Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Pada UMKM MR Pelangi Semarang). Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi, 5(2), 11-25.

Puspitaningtyas, Z. (2017). Pembudayaan Pengelolaan Keuangan Berbasis Akuntansi Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah. Jurnal Akuntansi, 21(3), 361-372.

Zahay, D. (2015). Digital Marketing Management A Handbook for the Current (or Future) CEO. USA: Business Expert Press

Downloads

Published

2023-05-06