Pengenalan Bahasa Arab Dasar yang Menyenangkan melalui Ice Breaking dan Game Edukatif Pada Siswa Kelas 3 Dan 5 SD 51 Maluku Tengah
DOI:
https://doi.org/10.33477/mangente.v2i2.3508Abstract
Kegiatan pengabdian ini dilakukuan di Dusun Wainuru kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku yang mana melibatkan peserta didik SD 51 Maluku tengah yang terdiri dari 40 peserta didik dari kelas 3 dan 5 bentuk kegiatannya dilakukan melalui pelatihan Penguatan Literasi Dasar Pengenalan dasar-dasar Bahasa Arab dasar yang Menyenangkan melalui ice breaking dan game edukatif. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dasar-dasar bahasa Arab kepada peserta didik SD 51 Maluku Tengah sebagai penguatan dalam memahami al-Qur’an dan mata pelajaran Pendidikan agama Islam. Melalui pelatihan ini penulis mengenalkan ice breaking dan game edukatif bahasa Arab untuk membuka cakrawala wawasan peserta didik sebagai penguatan literasi, bahwa pembelajaran bahasa Arab itu menyenangkan jika diajarkan dengan metode, tekhnik dan strategi yang tepat.
References
Hermawan, A. (2014) Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Abdul Hamid, Fuad (1987). Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: DEPDIKBUD, DIKTI, P2LPTK.
Ismail, Andang. (2006). Education Games –Menjadi Cerdas Dan Ceria dengan Permainan Educatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Mahcmud, Umi. (1999). Permainan Bahasa (Media Alternatif dalam Pengajaran Bahasa Arab). Laporan Penelitian STAIN.