PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK MENGGUNAKAN MODEL STUDENT SATISFACTION INVENTORY

Authors

  • Diar Muzna Tangke Politeknik Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.33477/eksy.v1i02.1182

Abstract

Tantangan terbesar perguruan tinggi saat ini adalah bagaimana mengelola kualitas terutama kualitas layanan akademik sebagai core business dari perguruan tinggi. Poin yang terpenting adalah kualitas itu harus dilihat dan diukur dari sudut pandang konsumen terutama sudut pandang dari mahasiswa bukan dari sudut pandang pimpinan, pejabat atau pegawai dari perguruan tinggi tersebut. Hasil penelitian pelayaan akademik sering menunjukan tingkat kepuasan yang rendah untuk suatu dimensi, belum tentu membuat dimensi tersebut menjadi prioritas perbaikan utama apabila dimensi tersebut ternyata memiliki tingkat kepentingan (importance) yang rendah. Bisa saja suatu dimensi dengan tingkat kepuasan yang tidak terlalu rendah lebih diprioritaskan apabila tingkat kepentingannnya lebih tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian literatur atau studi pustaka. Model Student Satisfaction Inventory (SSI) mengukur tingkat kualitas pelayanan akademik berdasarkan kepuasan (satisfaction) yang dirasakan mahasiswa dan tingkat kepentingan dari masing-masing dimensi Student Satisfaction Inventory (SSI) yang telah ditetapkan. Dengan membandingkan kepuasan mahasiswa dan kepentingan dari dimensi Student Satisfaction Inventory (SSI) maka dapat digambarkan dalam Importance Performance Matrix sehingga dapat melihat kepuasan mahasiswa atas kualiatas layanan akademik yang telah diberikan dan bagaimana tingkat kepentingan dari atribut atau indikator kepusana mahasiswa tersebut.

Published

2019-12-23

How to Cite

Tangke, D. M. (2019). PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN AKADEMIK MENGGUNAKAN MODEL STUDENT SATISFACTION INVENTORY. AMAL: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2). https://doi.org/10.33477/eksy.v1i02.1182

Issue

Section

Articles