ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA ASING MEMBANGUN CITRA MEREK PRODUK DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.33477/eksy.v3i02.3100Abstract
Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana bahasa asing mampu membangun citra merek pada sebuah produk dan mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Berdasarkan hasil olah data menggunakan regresi baik secara parsial maupun simultan diketahui bahwa variabel merek berbahasa asing berpengaruh positif dan memiliki signifikansi terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis Syariah IAIN Ambon sebagai konsumen. Hasil olah data juga memperlihatkan variabel dominan. Penggunaan merek produk yang berbahasa asing memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis Syariah IAIN Ambon. Artinya bahwa mahasiswa sebagai konsumen lebih memilih produk yang bermerek berbahasa asing dikarenakan memiliki citra merek yang lebih baik dan lebih bergengsi. Persepsi produk yang lebih baik dikarenakan konsumen berasumsi bahwa Bahasa asing merupakan bahasa global dan produk-produk tersebut telah Go-International sehingga muncul rasa bangga dalam menggunakan produk-produk tersebut.
Kata Kunci: Bahasa Asing, Citra Merek, Produk, Perilaku KonsumenReferences
Abbas, U., Islam, K. A., Hussain, S., Baqir, M., & Muhammad, N. (2021). Impact of brand image on customer loyalty with the mediating role of customer satisfaction and brand awareness. International Journal of Marketing Research Innovation, 5(1), 1-15.
Cavaliere, L. P. L., Khan, R., Sundram, S., Jainani, K., Bagale, G., Chakravarthi, M. K., ... & Rajest, S. S. (2021). The Impact Of Customer Relationship Management On Customer Satisfaction And Retention: The Mediation Of Service Quality. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 22107-22121.
Cuesta-Valiño, P., Gutiérrez-Rodríguez, P., & Núnez-Barriopedro, E. (2021). The role of consumer happiness in brand loyalty: a model of the satisfaction and brand image in fashion. Corporate Governance: The International Journal of Business in Society.
de la Hoz Molina, M. (2021). Advertising Discourse As A New Technique In The Foreign Language Teaching: An Innovative Way For Learning English.
Farías, P., & Torres, L. (2021). The role of market and product category characteristics in local versus foreign language branding in Latin America. Management Decision.
Ghosh, S. (2022). Language in Marketing and Management. International Journal of English Learning & Teaching Skills, 4(2), 1-13.
Gopinath, R. (2021). Consumer Perception on Brand Awareness of Household Fabric Care Products.
Islam, T., & Hussain, M. (2022). How consumer uncertainty intervene country of origin image and consumer purchase intention? The moderating role of brand image. International Journal of Emerging Markets.
Kim, H. C., Kim, S., & Zhu, Z. Y. (2021). Does foreign language proficiency help to enhance sustainable online brand community experiences? Modeling the predictors of movie information sharing behavior for young Chinese students staying in Korea. Sustainability, 13(11), 6113.
Latukolan, J. J., Marta, R. F., & Engliana, E. (2021). When words matter: Language choices and brand building on two global coffee shop retail brands in Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 2899-2906.
Park, H. Y., & Chang, S. R. (2022). When and how brands affect importance of product attributes in consumer decision process. European Journal of Marketing.
Then, N., & Johan, S. (2021). Effect of product quality, brand image, and brand trust on purchase intention of SK-II skincare products brand in Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(5), 530-535.